Sabtu, Januari 06, 2018

[Book Review] : Istri Cadangan - Mounalizza

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Istri Cadangan

Penulis : Mounalizza

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2017

ISBN : 978-602-04-3641-8

Jumlah Halaman : 315 Halaman

Harga : Rp.66.800.

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Ibra mencintai Marrisa, tetapi Marrisa lebih mencintai karier yang belum bisa dia raih sempurna. Sementara Rahma tak peduli arti cinta, belum mengerti lebih tepatnya. Ketiganya terlibat pada perjanjian sensitif yang bisa saja melukai hati masing-masing. Dan sekali lagi, ketiganya memiliki alasan berbeda untuk menjalankannya. Seakan rasa tak terlalu penting untuk diperhatikan.

Ketika tantangan menjadi sebuah tanggung jawab berat di hati. Maka hati dengan mudah dipermainkan oleh sebuah janji. Apalagi jika janji tak bisa ditepati seperti awal. Akibatnya, awal rasa baru tumbuh menjadi sebuah perasaan terlarang. Akhirnya yang terlarang dipatahkan oleh sebuah rasa yang tak terkalahkan. Dialah cinta, karena cinta semua bisa menjadi mudah. Atas nama pernikahan semua bisa menjadi indah.

Sanggupkah Marrisa memberikan tantangan ini?
Sanggupkah Rahma memikul tanggung jawab sementara itu?
Dan apakah Ibra juga sanggup memenuhi janjinya untuk sebuah kebahagiaan? Tak terlena karena seorang cadangan?

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Ada yang bilang cara menaklukkan pria itu cukup dengan menarik perhatian selera lidahnya - Hal 86

Cinta memang seperti angin,berembus di segala arah dan bisa dirasakan tanpa terlihat - Hal 185

Pernikahan bukan media yang pantas untuk dipermainkan - Hal 188

Jangan mengorbankan sesuatu yang berharga demi mereka yang tidak menghargai kamu - Hal 250

Karena cinta tahu ke mana dia harus pulang. Cinta itu akan pulang ke rumah dengan sendirinya - Hal 311


đź’•Review Bukuđź’•

Abraham Sarha adalah pengusaha tampan yang berusia 28 tahun yang sering dipanggil dengan nama Ibra. Ibra didesak oleh kedua orangtuanya untuk segera menikah karena umur Ibra sudah hampir mendekati kepala tiga. Selain itu kedua orangtua Ibra juga ingin segera memiliki cucu. Namun apa jadinya jika kekasih Ibra menolak menikah dengan Ibra karena Marrisa yang merupakan kekasih Ibra tersebut ingin tetap berkarier di dunia modeling? Sanggupkah Ibra menikah dan memiliki anak bersama Marrisa yang selama 10 tahun ini menjadi kekasihnya Ibra?

Marrisa Claudya Ramana adalah model cantik papan atas Indonesia dan merupakan kekasih dari pengusaha tampan yang bernama Abraham Sarha. Kekasih Marrisa tersebut biasa dipanggil dengan nama Ibra. Ibra melamar Marrisa namun Marrisa menolak karena Marrisa menganggap pernikahan adalah suatu hal yang akan menghambat karier modelnya di masa depan. Apa jadinya jika Ibra memberikan kebebasan untuk Marrisa jika mereka sudah menikah? Namun Ibra bukan hanya ingin menikah dengan Marrisa saja,Ibra juga menginginkan mempunyai anak bersama Marrisa. Lalu apa jadinya jika Marrisa juga menolak untuk mempunyai anak bersama Ibra?

Rahma Raihana adalah seorang wanita yang berusia 24 tahun yang biasa dipanggil dengan nama Rahma. Rahma juga merupakan anak tunggal yang terbiasa mandiri. Kini Rahma juga menjadi anak yatim piatu karena bapak dan ibunya telah meninggal dunia. Rahma mempunyai sepupu yang wajahnya mirip dengan Rahma yaitu Marrisa. Jika Marrisa adalah model terkenal maka Rahma hanya seorang kasir minimarket di dekat pantai Kuta.

Setelah Rahma tidak pernah berjumpa dengan Marrisa setelah beberapa tahun lamanya. Maka mereka akhirnya bertemu kembali dan Marrisa meminta Rahma untuk menjadi istri cadangan untuk suami Marrisa. Akankah Rahma menerima tawaran tersebut jika imbalan dari tawaran tersebut bisa memenuhi keinginan terakhir kedua orangtuanya? Lalu apakah suami Marrisa sanggup menerima kehadiran Rahma sebagai istri cadangan?

Pertama kali mengetahui novel Istri Cadangan karya kak Mounalizza ini adalah dari aplikasi Wattpad. Sebelum membaca novel cetaknya saya membaca beberapa part di aplikasi Wattpad tersebut. Pertama yang saya suka dari novel ini adalah covernya yang berwarna ungu dan ada gambar kuncinya tersebut. Namun ada juga yang kurang saya suka dari novel ini yaitu pilihan katanya kurang enak untuk dibaca padahal dari jalan ceritanya novel ini menarik.

Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Novel ini juga mengambil beberapa setting tempat yang menurut saya menarik seperti Jakarta,Singapura,Italia,Bali dan Lombok. Karena novel ini masuk dalam Lini Le Marriage maka novel ini bercerita tentang dunia pernikahan dong ya tentunya. Novel ini cocok dibaca untuk kalian yang suka novel lokal bergenre romance. Saya merekomendasikan untuk yang sudah menikah atau yang belum menikah untuk hanyut dalam cinta segitiga antara Marrisa,Ibra dan Rahma di dalam novel Istri Cadangan ini.

Tema dari novel Istri Cadangan ini memiliki tema yang cukup rumit seputar dunia pernikahan dengan tokoh Abraham Sarha yang penyayang, pekerja keras namun terkadang agak usil dan jahil. Adapula Marrisa Claudya Ramana yang egois dan keras kepala namun tetap menjadi pribadi yang pekerja keras. Ada juga Rahma Raihana yang lemah lembut, penyayang, penurut dan tetap juga menjadi pribadi yang pekerja keras.

Pesan yang bisa kita contoh setelah membaca novel ini yaitu janganlah bersikap egois dan selalu mementingkan diri sendiri seperti Marrisa yang selalu mementingkan urusannya sendiri. Ada juga nilai pendidikan dari novel ini yaitu kita bisa mencontoh Ibra yang selalu bekerja keras untuk menghidupi keluarga tercinta. Sedangkan nilai sosial dari novel ini yaitu kita bisa mencontoh Rahma yang selalu membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

2 komentar:

  1. Cuma judulna kok istri cadangan ya, asa gimana gitu, emang istri sama dengan suku cadang mobil heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Mungkin biar makin menarik gitu ya jadi agak dibikin beda judulnya.

      Hapus