Senin, November 06, 2017

Not A Perfect Wedding - Asri Tahir || Pernikahan Tak Sempurna Yang Membuat Bahagia

Edit Posted by with 2 comments

Sumber Foto : Screenshoot From Aplikasi Perpustakaan Digital iJakarta

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Not A Perfect Wedding

Penulis : Asri Tahir

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,2015

Jumlah Halaman : 296 Halaman

ISBN : 978-602-02-5879-3

Harga : Rp.58.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Raina Winatama: Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi dia pergi untuk selamanya.

Prakarsa Dwi Rahardi : Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi aku harus pergi untuk selamanya.

Pramudya Eka Rahardi : Di hari pernikahan adikku, aku harus menjadi mempelai laki-laki. Menjalankan sebuah pernikahan yang harusnya dilakukan oleh adikku, Prakarsa Dwi Rahardi.

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Tidak ada kebahagiaan yang instan itu memang benar,karena sejatinya harus ada pengorbanan dari tiap kebahagiaan - Hal 195

Tapi mencoba lebih baik daripada diam tanpa melakukan sesuatu - Hal 272

đź’•Unsur Intrinsikđź’•

1. Tema : Pernikahan

2. Tokoh & Karakter :

a. Raina Winatama : Manja,Egois

b. Prakarsa Dwi Rahardi : Penyayang,Sopan

c. Pramudya Eka Rahardi : Keras Kepala,Pantang Menyerah,Pekerja Keras

3. Alur : Maju

4. Sudut Pandang : Orang Ketiga Serba Tahu

5. Latar

a. Latar Tempat : Bogor,Jakarta,Bandung,London

b. Latar Waktu : 9 Agustus 2014

c. Latar Suasana : Tegang,Haru,Cemburu,Bahagia

6. Bahasa : Indonesia & Inggris

7. Amanat : Menjalani hubungan pernikahan itu alangkah baiknya kita harus bersikap positif dan berusaha melakukan yang terbaik untuk mempertahankan bahtera rumah tangga. Karena bahwasanya kehidupan rumah tangga tak melulu soal cinta dan cinta

đź’•Unsur Ekstrinsikđź’•

1. Nilai Pendidikan : Jangan sampai urusan cinta membuat kita lupa untuk menjalankan kewajiban kita pada pekerjaan kita

2. Nilai Sosial : Sebagai kakak dan adik alangkah baiknya kita bisa menyayangi satu sama lain

3. Nilai Budaya : Ada beberapa makanan khas Indonesia yang diceritakan di dalam novel ini seperti masakan Rendang

đź’•Komentarđź’•

1. Kelebihan : Jalan cerita menarik dan kata-kata mudah dipahami serta menggunakan kata-kata yang baik dan tertata rapi nan indah

2. Kekurangan : Masih ada typo atau salah ketik di dalam novel ini walaupun jumlahnya sedikit


đź’•Review Bukuđź’•

Raina Winatama adalah perempuan berusia 25 tahun dan berprofesi sebagai guru bimbingan dan konseling di salah satu SMA di kota Bogor. Raina masih mempunyai kedua orangtua yang lengkap dan dua kakak laki-laki dan Raina merupakan anak terakhir. Raina mempunyai teman laki-laki saat dia masih kuliah dan dia bertemu kembali dengan laki-laki tersebut setelah lulus kuliah dan akhirnya menjalin hubungan asmara alias pacaran hingga akhirnya memutuskan untuk menikah. Lelaki yang menjadi calon suami Raina adalah Prakarsa Dwi Rahardi. Raina sangat mencintai Raka karena Raka adalah lelaki tampan,lembut dan penyayang. Namun takdir berkata lain saat menjelang hari pernikahannya,Raka mengalami kecelakaan dan kritis saat dibawa ke rumah sakit hingga akhirnya Raka meninggal dunia. Namun sebelum Raka meninggal dunia Raka berpesan kepada kakaknya agar selalu menjaga Raina dan kakaknya Raka akhirnya berjanji dan menyanggupinya karena kakak Raka sangat menyayangi Raka lebih dari apapun.

Prakarsa Dwi Rahardi adalah lelaki berusia 25 tahun dan merupakan lelaki yang lembut dan penyayang. Selain itu Raka juga suka menulis buku harian alias buku diary dan membaca buku. Saat kuliah,Raka mempunyai teman perempuan yang bernama Raina. Kemudian setelah lulus kuliah Raka dan Raina bertemu kembali dan akhirnya mereka pacaran dan memutuskan untuk menikah. Namun saat menjelang hari pernikahannya Raka harus mengalami nasib buruk yaitu kecelakaan dan akhirnya meninggal dunia.

Pramudya Eka Rahardi adalah pria yang berusia 35 tahun. Pram adalah lelaki yang tampan,dewasa,mempesona dan terkenal playboy. Pram adalah pria yang mempunyai sifat tidak bisa ditentang atau dilawan. Pram mempunyai adik yang bernama Raka. Pram sudah 7 tahun tinggal dan menetap serta bekerja di London. Pram adalah arsitek terkenal di dunia dan kariernya di bidang arsitek cemerlang. Saat mengetahui kabar bahwa adik laki-lakinya yaitu Raka akan menikah maka Pram memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Namun saat menjelang hari pernikahan adiknya ternyata mengalami kecelakaan dan adiknya meminta agar Pram menjaga Raina dan Pram menyanggupinya. Kemudian Pram & Raina akhirnya menikah,di awal pernikahan,Raina merasa dibohongi,kehilangan dan disakiti secara bersama. Raina bingung ketika akhirnya Raina tahu kalau suaminya bukan Raka namun Pram. Raina makin bingung kenapa Raina bisa menikah dengan Pram yang tak pernah dikenalnya. Namun Pram sudah berjanji untuk menjaga Raina dan akhirnya Raina tahu kalau Raka sudah meninggal dunia. Pram sangat menyayangi Raina dan selalu menjaganya walaupun Raina selalu menyebalkan. Hingga Pram & Raina baru sadar kalau pernikahannya tidak salah dan takdirlah yang menyatukan Pram & Raina agar bisa hidup berbahagia.

Sasrya Adya Gauri adalah orang yang paling dicintai Pram namun Sashi menolak lamaran Pram karena Sashi akan dijodohkan oleh lelaki pilihan orangtuanya. Akhirnya Sashi menikah dengan lelaki pilihan orangtuanya. Padahal Pram sangat mencintai Sashi dan Pram punya harta yang berlimpah namun tetap saja Sashi tidak bisa menerima lamaran Pram. Namun ketika Pram sudah menikah dengan Raina,Sashi datang lagi dan Sashi meminta Pram agar kembali lagi karena Sashi akan bercerai dengan suaminya. Namun Pram tidak mau karena Pram sangat mencintai Raina dan Pram sudah melupakan masa lalunya bersama Sashi.


Membaca novel Not A Perfect Wedding karya kak Asri Tahir membuat saya menangis di awal cerita dan tersenyum bahagia di akhir cerita. Novel ini mempunyai jalan cerita yang kuat dan tokoh-tokoh di dalam novel ini sangat membuat saya larut dalam jalan ceritanya.

Tokoh favorit saya di dalam novel ini adalah Raka. Karena Raka adalah pria idaman yang selalu bersikap kepada seorang wanita.

Kelebihan dari novel ini adalah alur ceritanya menggunakan alur maju sehingga tidak membingungkan para pembaca termasuk saya.

Kekurangan dari novel ini adalah masih adanya salah ketik atau typo di dalam novel ini. Ada juga kejanggalan yang menurut saya aneh. Saat Raina menikah dengan Pram,Raina memakai kebaya berwarna pink. Terus kenapa ya cover ini malah gambarnya gaun pengantinnya berwarna putih? Itulah yang menurut saya janggal atau aneh.

Saya banyak mendapat pelajaran setelah membaca novel ini bahwasanya pernikahan itu tak melulu soal cinta. Tapi belum lengkap rasanya bila sebuah pernikahan tidak disertai dengan cinta. Ibarat masakan bagai sayur tanpa garam. Nggak ada rasanya. Mungkin itulah pendapat saya.

Ikatan pernikahan itu memang tak sempurna,pada dasarnya dua orang akan bertahan apabila sama-sama berjuang dan di novel ini mereka sama-sama berjuang untuk mempertahankan pernikahan mereka yang memang tak sempurna. Kisah fiksi di dalam novel ini seperti nyata dan memang setiap kepingan kejadian di dalam novel ini mengalir apa adanya.

Saya merekomendasikan kalian yang suka membaca novel fiksi lini Le Marriage untuk membaca novel ini agar bisa mengetahui bahwasanya pernikahan dan kehidupan rumah tangga tak melulu soal cinta.

2 komentar: