Jumat, Januari 05, 2018

Pain - Hira T || Ketika Jatuh Cinta Membuat Keadaan Semakin Serba Salah

Edit Posted by with 2 comments

Sumber Foto : Screenshoot From Play Books

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Pain

Penulis : Hira T

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2017

Jumlah Halaman : 350 Halaman

ISBN : 978-602-04-3346-2

Harga : Rp.68.800.

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Sasikirana tidak pernah merasakan kebahagiaan. Keluarganya broken home. Belum lagi kasus pelecehan yang pernah menimpa dirinya membuat Sasikirana tidak percaya dengan laki-laki di sekitarnya. Dia tidak bisa menerima cinta laki-laki yang terus mengejarnya karena dirinya justru jatuh hati kepada seorang lelaki yang selalu bersikap dingin pada semua perempuan, Daniel. Dan di saat yang sama, Daniel berencana menikahi gadis itu dengan motifnya sendiri.

Mampukah Daniel mencintai Sasikirana dengan tulus? Akankah Sasikirana bertahan menghadapi Daniel yang berhati dingin?

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Bahwa jika mencintai orang dengan sangat,sulit pula untuk merelakan kepergiannya - Hal 67

Sejahat apa pun laki-laki yang dicintainya,kalau suatu hari nanti dia berubah menjadi lebih baik,dan perubahannya sangat mengejutkan bahkan lebih dari yang para wanita harapkan,bagaimana kaum hawa bisa menolak lagi? - Hal 150

Cinta memang untuk diperjuangkan,tetapi kalau yang diperjuangkan tidak ikut andil,untuk apa perjuangannya selama ini? - Hal 218

Sebesar apa kita memperjuangkan sesuatu,sebesar itu sakitnya jika gagal,dan sebesar itu pula kebahagiaan atas keberhasilanmu - Hal 326

Tidak ada yang mudah memang. Tapi,aku yakin semuanya akan menjadi 'baik-baik saja' jika kita mau memikirkan akhir yang kita dapatkan. Selalu berpikiran terbuka bahwa semua ada hikmahnya - Hal 331

Orang yang romantis bukan berarti menggombal dan berbuat sesuatu yang manis. Orang romantis adalah orang yang jujur dengan perasaannya,selalu mengatakan apa yang dia rasakan kepada orang yang dia cintai - Hal 347


đź’•Review Bukuđź’•

Sasikirana Arundati adalah mahasiswi tingkat akhir yang berusia 21 tahun. Sejak masih SMA,Sasikirana mengalami pelecehan seksual hingga akhirnya Sasikirana melakukan terapi agar sembuh dari trauma pelecehan seksual tersebut. Sejak saat itu,Sasikirana tinggal bersama Gibran yang merupakan kakak kandungnya.

Di saat tinggal di rumah Gibran itulah Sasikirana bertemu dengan seseorang yang membuatnya jatuh cinta yaitu Daniel. Namun Daniel tidak mencintai Sasikirana dan tidak bisa mencintai wanita manapun karena Daniel hanya mencintai satu wanita dari masa lalunya. Sanggupkah Daniel apabila anak kandungnya meminta Sasikirana agar menikah dengan Daniel dan menjadi mama bagi Vino yang merupakan anak kandung Daniel tersebut?

Daniel Sanjaya adalah duda yang berusia 33 tahun yang mempunyai seorang putra yang bernama Vino. Sejak lahir Vino telah kehilangan ibu kandungnya. Suatu hari Vino ingin punya mama dan meminta Sasikirana untuk menjadi ibunya. Mampukah Daniel menikah dengan Sasikirana tanpa adanya cinta dan demi anak semata wayangnya yang bernama Vino tersebut?

Membaca novel Pain karya kak Hira T ini awalnya saya baca melalui aplikasi Wattpad. Novel ini adalah jebolan dari aplikasi Wattpad. Ada sedikit perbedaan antara novel ini yang di aplikasi Wattpad dan versi cetak. Namun tetap masih asik untuk dibaca. Tapi saya lebih suka endingnya yang ada di aplikasi Wattpad karena bikin greget. Ending novel versi cetak menurut saya kurang greget dan kurang memuaskan para pembaca termasuk saya.

Novel ini menggunakan POV Daniel Sanjaya & POV Sasikirana Arundati dan hal ini menurut saya unik sehingga kita bisa membaca cerita seseorang yang menceritakan kehidupan asmaranya.

Tokoh favorit saya di dalam novel ini adalah Aurel yang merupakan kakak iparnya Sasikirana dan merupakan adik iparnya Daniel. Sedangkan tokoh yang paling saya benci di dalam novel ini adalah Daniel yang angkuh,sombong,tak tahu malu,suka memukul dan bersikap kasar.

Banyak juga nasihat dan amanat yang bisa kita dapat setelah membaca novel ini seperti jangan memukul orang yang mencintaimu karena itu akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan trauma dan muncul masalah.

Ada juga keganjalan yang menurut saya aneh yaitu saat Daniel dipukul mamanya setiap hari kenapa tidak lapor polisi saja? Saat Sasikirana setiap hari di siksa dan dipukul oleh Daniel kenapa juga tidak melapor ke polisi?

Kelebihan dari novel ini bisa dilihat dari covernya yang berwarna gelap dengan bunga mawar di tengahnya dan bunga mawar tersebut berdarah. Kekurangan dari novel ini yaitu ceritanya terlalu drama seperti sinetron saja.

Saya merekomendasikan novel ini untuk dibaca para dewasa muda terutama yang laki-laki agar tidak bersikap angkuh,sombong,suka marah-marah,suka memukul dan melakukan kekerasan dalam berumah tangga.


đź’•Unsur Intrinsikđź’•

1. Tema : Cinta Buta

2. Tokoh & Karakter :

a. Sasikirana Arundati: Penyayang,Penyabar,Pekerja Keras

b. Daniel Sanjaya : Tak Tahu Malu,Suka Bersikap Kasar,Angkuh,Semena-mena

3. Alur : Maju Mundur

4. Latar :

a. Latar Tempat : Jakarta,Melbourne,Semarang

b. Latar Suasana : Haru,Sendu,Mencekam,Bahagia,Sengsara,Cemburu

b. Latar Waktu : Pagi Hari,Siang Hari,Sore Hari,Malam Hari

5. Bahasa : Indonesia

6. Amanat : Sebagai seorang kepala keluarga dan suami alangkah baiknya kita tidak boleh memukul istri atau anak kita sebab itu merupakan tindakan kriminal dan bisa menyebabkan trauma yang begitu mendalam. Sikap Daniel dan ibunya tidak patut untuk ditiru di dalam novel ini karena sering melakukan hal-hal yang tidak baik dan tidak terpuji.

đź’•Unsur Ekstrinsikđź’•

1. Nilai Pendidikan : Kita bisa mencontoh Vino yang merupakan anak kandung dari Daniel. Vino anak yang rajin dan pandai. Vino selalu semangat belajar walaupun Vino telah ditinggal oleh ibu kandungnya karena ibunya meninggal dunia.

2. Nilai Sosial : Kita bisa mencontoh keluarga angkat Sasikirana yang sangat menyayangi Sasikirana dengan sepenuh hati

đź’•Komentarđź’•

1. Kelebihan : Covernya menunjukkan jalan cerita di dalam novel ini yang penuh dengan kegelapan

2. Kekurangan : Jalan cerita terlalu berlebihan atau drama banget tapi asik juga dibaca oleh para dewasa muda

2 komentar:

  1. Lengkap banget reviewnya mbak :-D
    jadi penasaran, eh setting ada di Semarang juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Lagi belajar review buku nih. Iya mbak. Ayok baca novelnya.

      Hapus