Sabtu, November 04, 2017

If You Come Back - Evril || Masa Lalu Yang Selalu Menjadi Candu

Edit Posted by with No comments

Sumber Foto : Screenshoot From Play Books

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : If You Come Back

Penulis : Evril

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2016

Jumlah Halaman : 374 Halaman

ISBN : 978-602-02-9594-7

Harga : Rp. 59.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Enam tahun, Halim Perdana Kusuma selalu percaya bahwa dirinya membenci Mahira, mantan istrinya.

Namun, ketika takdir kembali mempertemukan mereka, Halim yakin ada yang salah dengan dirinya.

Benci tidak cukup kuat untuk menahan Halim agar tidak mengikuti perempuan itu hingga ke rumahnya—rumah mereka di masa lalu. Jelas itu keputusan yang salah, karena kenekatan itu justru berujung pada pertemuannya dengan Gara, anak laki-lakinya, yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya.

Siapa sangka, kehadiran bocah itu bisa mengubah segalanya. Termasuk membuka rahasia penyebab perpisahan Halim dan Mahira.

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Nggak peduli gimana masa lalu kita,saling tolong menolong dalam kebaikan itu kewajiban selagi kita mampu - Hal 142

Kebersamaan yang terus menerus bisa menumbuhkan cinta - Hal 156

Tapi setegar dan semandiri apa pun perempuan,mereka pasti akan lebih aman dalam perlindungan laki-laki yang mencintainya,bukan? - Hal 254

Karena kalah atau gagal itu bagian dari proses untuk jadi pemenang. Yang terpenting untuk jadi pemenang,kita nggak boleh nyerah setelah kita kalah atau gagal - Hal 341

đź’•Review Bukuđź’•

Halim Perdana Kusuma,itulah namanya. Anak pemilik perusahaan Kusuma Argoindustri. Halim harus menikah dengan Mahira karena perjodohan. Halim & Mahira menikah saat masih duduk di bangku kelas dua SMA. Halim & Mahira menjalani hubungan pernikahannya dengan baik-baik saja walau kadang ada perselisihan dan pertengkaran kecil. Namun saat Halim keluar negeri untuk menempuh pendidikannya,saat itu juga ternyata Halim selingkuh. Mahira murka mengetahui hal tersebut hingga akhirnya Mahira menggugat cerai Halim. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Halim & Mahira bercerai? Lalu apa jadinya jika Mahira ternyata hamil namun Halim tidak mengetahuinya?

Mahira Putri Persada,itulah namanya. Mahira adalah seorang single parent yang berprofesi sebagai guru dan memiliki seorang anak bernama Anggara Andromeda yang biasa dipanggil dengan nama Gara. Mahira & Halim bercerai karena ternyata Halim selingkuh. Lalu apa jadinya jika Mahira bertemu kembali dengan Halim dan Halim sangat akrab dengan Gara karena Gara adalah buah cinta antara Halim & Mahira? Akankah Mahira mampu hidup bersama Gara jika ternyata Gara juga ingin hidup bahagia bersama dengan kedua orangtuanya yang lengkap yaitu Halim & Mahira?

Pertama kali membaca novel If You Come Back karya kak Evril ini adalah melalui aplikasi Wattpad karena novel ini adalah novel jebolan wattpad. Yang saya suka dari novel ini judulnya yang sesuai dengan isi cerita dan juga warna cover novelnya yang berwarna hijau tosca yang menarik menurut saya.

Diceritakan dengan alur maju sehingga tidak membingungkan para pembaca untuk mencerna jalan ceritanya. Namun ada hal yang tidak saya suka yaitu pemilihan kata di dalam novel ini banyak menggunakan kata tidak baku dan banyak juga pilihan kata yang tidak pas atau tidak nyambung.

Novel ini masuk lini Le Marriage jadi banyak bercerita tentang dunia pernikahan. Saya merekomendasikan novel ini untuk dibaca para dewasa muda untuk bersikap dewasa dalam meghadapi masalah. Novel ini cocok juga dibaca untuk dewasa muda yang suka novel bergenre romance sehingga kalian bisa larut dan hanyut dalam kisah cinta antara Halim & Mahira.


đź’•Unsur Intrinsikđź’•

1. Tema : Perjodohan

2. Tokoh & Karakter :

a. Halim : Ceroboh,Jahil,Suka Menggombal

b. Mahira : Penyayang,Ceria,Pekerja Keras

3. Alur : Maju

4. Sudut Pandang : Orang Ketiga Serba Tahu

5. Latar :

a. Latar Tempat : Rumah Mahira,Rumah Halim,Apartemen Halim,Rumah Sakit

b. Latar Waktu : Pagi Hari,Siang Hari,Sore Hari,Malam Hari

c. Latar Suasana : Cemburu,Haru,Sedih,Murka,Bahagia

6. Bahasa : Indonesia & Inggris

7. Amanat : Jika kita menjadi single parent atau orang tua tunggal. Alangkah baiknya kita harus tetap bekerja keras agar segala kebutuhan hidup kita,anak kita dan keluarga kita bisa tercukupi dan terpenuhi seperti Mahira yang tetap menjadi seorang guru walaupun Mahira adalah single parent atau orang tua tunggal.

đź’•Unsur Ekstrinsikđź’•

1. Nilai Pendidikan : Kita bisa mencontoh Mahira yang tetap berjuang merawat anaknya sekaligus berprofesi sebagai guru dan menjalaninya dengan senang hati

2. Nilai Sosial : Sebagai seorang anak alangkah baiknya tetap menghormati kedua orang tua yaitu ayah dan ibu. Apabila orang tua kita pernah membuat kesalahan maka sebaiknya kita juga harus memaafkan kesalahan tersebut karena orang tua kita adalah orang yang sudah merawat dan menyayangi kita dengan sepenuh hati. Hal ini berkaitan dengan Halim tokoh utama di dalam novel ini yang terlibat konflik dengan kedua orang tuanya.

đź’•Komentarđź’•

1. Kelebihan : Novel ini menarik mulai dari covernya hingga jalan cerita. Novel ini menggunakan alur maju sehingga tidak membingungkan para pembaca termasuk saya.

2. Kekurangan : Pilihan kata di dalam novel banyak menggunakan kata yang tidak baku dan banyak juga pilihan kata yang kurang sempurna tidak nyambung dengan kata lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar