Rabu, November 08, 2017

[Book Review] : Positive - Acariba

Edit Posted by with 4 comments
Pic by Farida Asadi


💕Identitas Buku💕

Judul Buku : Positive

Penulis : Acariba

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2017

Jumlah Halaman : 317 Halaman

ISBN : 978-602-04-1372-3

Harga : Rp. 64.800

Rating : ♡♡♡♡

💕Sinopsis💕

Karena cinta bukanlah kecelakaan.

Dikhianati tunangannya, dianggap mempermalukan keluarganya dan merasa bahwa seluruh dunia memperolok kemalangannya, sepertinya belum cukup.

Kinari hamil!

Dua strip merah di tiga testpack berbeda menandakan Kinari positif hamil.

Semua terjadi karena hubungan semalam yang dia lakukan. Masalahnya , ayah dari janin yang dia kandung bukanlah mantan tunangannya. Pelakunya adalah Genta, pria dengan status terlarang untuk Ki nikahi.

💕Kalimat Favorit💕

Jangan pernah tunjukkan kemarahanmu di depan lawan - Hal 21

Kadang aku berfikir,salah satu penyebab dari jatuhnya mental seseorang bukan orang luar,tapi keluarga sendiri - Hal 53

Jangan pernah memberi kepastian kalau hatimu sendiri masih ragu - Hal 113

Jangan mengambil keputusan dalam keadaan panik. Itu bisa berakibat fatal - Hal 123

Masalah nanti ya,dipikirkan nanti. Yang ada sekarang dihadapi. Kita nggak tahu bagaimana masa depan,keputusan dipertahankan atau enggak ya,lihat nanti - Hal 146

Persahabatan memang poin paling menyentuh dalam hubungan di antara para wanita - Hal 289

💕Review Buku💕

Genta Buana adalah salah seorang kontraktor yang berusia 32 tahun. Kedua orangtua beserta adiknya tinggal di luar negeri sedangkan Genta tinggal seorang diri di kota Malang. Genta memang bukan playboy ataupun pemuja wanita. Genta hanya mencintai seorang wanita yang bernama Kinari. Lalu apa jadinya jika Kinari terus menolak Genta walaupun Genta tetap terus berjuang untuk mendapatkan cinta dari Kinari?

Kinari Lembayung adalah seorang wanita yang berusia 26 tahun yang berprofesi sebagai arsitek. Kinari dan pacarnya yang bernama Yuda Pratama sama-sama menempuh kuliah jurusan arsitektur. Namun Yuda memilih berkarier menjadi pegawai negeri daripada menjadi arsitek seperti Kinari. Lima tahun Yuda & Kinari berpacaran hingga mereka akhirnya memutuskan untuk bertunangan. Namun pertunangan itu dibatalkan karena ternyata Yuda berselingkuh dengan seorang wanita dan mengkhianati cinta Kinari.

Di kantor,Kinari selalu bekerja sama dengan seorang kontraktor bernama Genta. Setahun Genta & Kinari mulai mengenal,bekerja sama dalam pekerjaan hingga menjalin persahabatan. Hingga saat keduanya patah hati karena dikhianati pacar masing-masing dan mabuk hingga akhirnya mereka melakukan hubungan yang akhrinya mengakibatkan Kinari hamil. Akankah Kinari memberitahukan kehamilannya kepada Genta? Lalu bagaimana dengan keluarga Kinari jika mengetahui Kinari hamil padahal Kinari belum mempunyai suami? Suasana diperparah dengan kedatangan Yuda dan Yuda mengetahui kalau Kinari hamil.

Membaca novel Positive membuat emosi saya naik turun dengan tingkah Kinari yang percaya diri dan tangguh serta si Genta yang selalu tidak peka dengan segala keadaan dan suasana. Saya suka tokoh Kinari yang berprofesi sebagai arsitek wanita yang selalu bekerja dengan baik dalam segala pekerjaannya. Namun Kinari memiliki nasib yang malang di dalam novel ini sehingga saya agak jadi mewek dan sedih saat membaca bagian hidup Kinari.

Ending dari novel ini saya suka sehingga setelah saya membaca novel ini saya puas akan akhir ceritanya yang menurut saya tidak bisa saya tebak saat membaca awal cerita novel ini. Diceritakan dengan POV Genta & POV Kinari membuat novel ini menarik dan diceritakan pula dengan alur maju sehingga saya sebagai saya sebagai pembaca tidak kebingungan saat membaca novel ini. Saya suka novel Positive karya kak Acariba. Saya juga dulu pernah membaca novel ini di aplikasi Wattpad karena novel ini merupakan novel jebolan dari aplikasi Wattpad. Semoga kak Acariba akan membuat karya-karya yang lebih menarik untuk dibaca. Yang kurang saya suka di dalam novel ini adalah cover novelnya yang sederhana namun isi ceritanya tetap asik untuk dibaca. Saya merekomendasikan kalian yang suka cerita romance dengan latar tempat kota Malang dan juga tentang dunia asmara seorang arsitek dan kontraktor agar bisa hanyut dalam perjalanan cinta Kinari,Yuda,dan Genta.

Tema yang diangkat dalam novel ini seputar persahabatan antar rekan kerja yaitu sahabat jadi cinta dengan tokoh Kinari yang pesimis, suka negatif thinking, pekerja keras dan pantang menyerah. Adapula Genta yang tidak peka, suka menolong, pekerja keras dan juga suka merayu. Pesan yang saya petik setelah membaca novel ini yaitu sebagai seseorang yang baik alangkah baiknya kita tidak usah terlalu memikirkan tentang orang lain yang akan mencela dan menghina karena belum tentu orang yang menghina dan mencela kita itu lebih baik dari kita. Sedangkan nilai pendidikan dari novel ini yaitu dengan membaca novel ini saya bisa tahu kalau buah pisang adalah sumber alami yang mengandung asam folat yang dibutuhkan saat seorang wanita sedang hamil. Adapula nilai budaya dari novel ini yaitu nasi Rawon yang merupakan makanan khas Indonesia disebutkan di dalam novel ini. Di dalam novel ini ada juga kok nilai sosial yang bisa kita teladani yaitu sebagai rekan kerja kita harus tetap rukun dan saling peduli satu sama lain.

4 komentar:

  1. Ulasannya lengkap 😁 wah Kota malang ..aku udah lama nggak baca novel genre gini mbaaa

    BalasHapus
  2. Wah,, kayaknya seru ya alur ceritanya. Aku juga nggak suka cover bukunya,, siapa tahu dicetak ulang dengan cover yang lebih menarik ya. Meskipun ada ungkapan 'Don't judge the book by it's cover' tapi 'First impression run!'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Lintang. Semoga akan ada cetak ulang novel ini ya.

      Hapus