Rabu, November 01, 2017

[Book Review] : Pasangan Labil - Paramita Swasti Buwana

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Pasangan Labil

Penulis : Paramita Swasti Buwana

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2014

ISBN : 978-602-02-5607-8

Jumlah Halaman : 207 Halaman

Harga : Rp. 39.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Review Bukuđź’•

Anggara Bayu Pratama :

Mahasiswa salah satu kampus yang berkuliah di fakultas teknik jurusan teknik mesin yang memiliki otak yang pintar namun agak blo'on. Sejak kecil,Angga mempunyai musuh bebuyutan yang bernama Dira. Dira & Angga sejak kecil sudah menjadi tetangga dan selalu bersekolah di tempat yang sama hingga mereka kuliah di kampus yang sama. Namun apa jadinya jika mereka yang selalu bermusuhan malah dijodohkan dan harus menikah untuk memenuhi salah satu keinginan anggota keluarganya?

Nadira Dewanti :

Mahasiswi fakultas teknik jurusan teknik sipil yang selalu sial jika harus bertemu dengan musuh bebuyutannya yaitu Angga di kampus atau dimana pun yang membuat mereka ribut dan bertengkar. Masalah datang saat Dira & Angga harus menikah karena keinginan salah satu anggota keluarganya. Namun Angga & Dira harus merahasiakan pernikahan mereka demi cita-cita Angga di masa depan. Lalu apa yang akan terjadi apabila sahabat Dira malah menjodohkan Dira dengan sepupunya karena para sahabat Dira tidak tahu kalau sudah menikah dan sudah hamil pula? Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Kalau ingin tahu ayo buruan baca novel Pasangan Labil karya kak Paramita Swasti Buwana ini.

Membaca novel Pasangan Labil karya kak Paramita Swasti Buwana membuat saya tertawa sekaligus merasa bahagia mendalami kisah cinta Dira & Angga yang penuh kelucuan. Saya suka tokoh Dira & Angga yang saling menyayangi dan mempunyai panggilan khusus yaitu "YANK" yang merupakan bukti kalau mereka saling menyayangi. Berawal dari benci hingga menjadi cinta mungkin itulah yang menarik di dalam cerita novel ini. Novel ini juga bergenre komedi romantis sehingga kita tidak akan bosan walaupun sudah seringkali membaca novel ini karena novel ini kocak dan lucu.

Kelebihan dari novel ini ada banyak. Pertama adalah cover novel yang imut dan lucu yaitu sepasang pengantin yang masih unyu dan lucu karena menikah usia dini. Kedua adalah harga novel ini harganya terjangkau yaitu Rp. 39.800 padahal biasanya kalau saya beli novel harganya lebih dari enam puluh ribu Rupiah. Ketiga adalah jalan cerita yang singkat dan tidak bertele-tele sehingga tidak membosankan saat dibaca. Kekurangan dari novel ini juga ada namun sedikit jumlahnya. Diantaranya yaitu tidak ada quotes atau kalimat favorit di dalam novel ini sehingga saya sebagai pembaca agak sedikit kecewa.

Saya merekomendasikan novel Pasangan Labil karya kak Paramita Swasti Buwana ini untuk kalian yang suka membaca novel yang berasal dari Wattpad dengan genre romance comedy yang bisa membuat kita mendalami kisah cinta sekaligus tertawa mendalami kisah cinta Dira & Angga.

Tema dari novel Pasangan Labil ini adalah perjodohan dengan tokoh Nadira Dewanti yang penurut dan penyayang serta Anggara Bayu Pratama yang penyayang, rela berkorban dan bertanggung jawab. Pesan yang saya dapatkan setelah membaca novel ini yaitu alangkah baiknya kita tidak menikah saat usia masih muda atau usia dini. Sebaiknya kita menikah saat usia sudah matang serta sudah mempunyai pekerjaan yang menjanjikan. Nilai pendidikan yang bisa kita teladani dari novel ini yaitu walaupun kita sudah menikah tapi kita tidak boleh berhenti kuliah karena kuliah juga penting untuk menambah ilmu serta untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik seperti tokoh utama di dalam novel ini yaitu Dira & Angga yang tetap melanjutkan kuliahnya sampai lulus walaupun saat kuliah Dira & Angga sudah menikah. Sedangkan nilai sosial yang bisa kita contoh dari novel ini yaitu sebagai seorang sahabat alangkah baiknya kita tetap siap siaga untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada sahabat kita yang membutuhkan.

2 komentar: