Rabu, Oktober 04, 2017

[Book Review] : Over The Rain - Asri Tahir

Edit Posted by with 6 comments
Pic by Farida Asadi

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Over The Rain

Penulis : Asri Tahir

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2015

ISBN : 978-602-02-7399-0

Harga : Rp.64.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Kamu...lara yang menjadi anganku paling sempurna. Bersemayam indah tanpa pernah kusadari ada di dalam hatiku. Mencintaimu sama dengan membunuhku! Namun kehilanganmu juga membuatku kehilangan akal...

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Hidup cuma sekali dan aku tidak akan pernah mengisinya dengan keraguan - Hal 4

Aku percaya dengan konsep cinta akan datang perlahan dalam sebuah kebersamaan - Hal 4

Dan masa lalu tidak selayaknya memiliki tempat untuk hidupnya saat ini - Hal 13

Jangan janji kalau nggak bisa ditepati - Hal 51

Karena satu-satunya cara mengingatkan perasaan kamu terhadapku adalah dengan melakukan hal-hal yang dulu pernah kita lewati bersama - Hal 54

Adakah yang lebih menyakitkan dari cinta tidak terbalas? - Hal 58

Kalau bahagianya aku adalah bersama kamu? Apa kamu bisa  memberikannya? - Hal 75

Bukankah semakin sering kita merasakan sebuah rasa sakit,maka lama-kelamaan rasa sakit itu akan tidak terasa? - Hal 104

Tidak ada yang lebih kejam daripada sebuah pengkhianatan - Hal 122

Percayalah,pada akhirnya akan ada satu alasan yang akan membuatmu pulang,hingga akhirnya kamu merasa nyaman dan tak ingin untuk pergi lagi. Sebuah kehangatan,bernamakan keluarga. Sebuah cinta yang tidak akan pernah membuatmu beranjak pergi meski tubuhmu berada di berkilo-kilo meter jauhnya. Engkau akan selalu ingat dan juga merindukannya. Karena hatimu selalu ada di sana. Sebuah rumah,tempat terakhir ketika tidak ada lagi tempat yang ingin kamu tuju - Hal 136

Mereka bilang perpisahan adalah suatu akhir yang menyakitkan. Sebuah kata yang berarti bahwa dirimu harus melepaskan ikatan yang pernah ada di antara kalian. Hingga langkahmu dan dia tidak lagi ada di garis yang sama. Tapi bukankah perpisahan adalah sebuah awal? Karena untuk memulai yang baru,kita harus meninggalkan yang lama. Bukankah definisi hidup yang sebenarnya seperti itu? Sama ketika para pepatah mengatakan bahwa kehidupan akan selalu berputar - Hal 152

Ya,inilah hukum dunia yang sebenarnya. Tidak ada yang selamanya bahagia. Tidak ada yang selamanya mencinta. Perasaan manusia adalah sesuatu yang dinamis,bisa berubah kapan saja - Hal 152

Kalau cinta...kenapa semua harus terkait dengan perasaan? Kenapa logika tidak pernah dilibatkan? - Hal 183

Itulah yang membedakan pria dan wanita. Sesakit apa pun perasaan perempuan karena terluka akibat kata bernama cinta,pada akhirnya si wanita akan selalu meminta maaf. Berbeda dengan laki-laki yang selalu menggunakan logika. Daripada memaafkan,pria lebih suka untuk mementingkan dirinya sendiri - Hal 183

Kadang cinta bukan hanya urusan logika dan perasaan tapi melebihi itu semua. Cinta akan benar-benar terdefinisikan oleh hati dan otak kamu ketika kamu telah jatuh bersamanya - Hal 184

Betapa memaafkan bukan hal yang mudah. Betapa menerima dengan lapang dada terlampaui sulit dilakukan - Hal 192

Menerima maaf memang tidak mudah tapi itu semua adalah proses hidup - Hal 207

Jika mencintai adalah rasa sakit. Maka aku relakan diriku untuk terluka. Karena aku tahu,segalanya akan berakhir indah denganmu - Hal 222

Pic by Farida Asadi


đź’•Review Bukuđź’•

Fahreza Ibrahim :

Fahreza Ibrahim atau yang biasa dipanggil dengan nama Reza. Reza berusia 27 tahun dan merupakan pria keturunan Arab yang tampan dengan hidung mancung dan manik mata berwarna cokelat tua yang akan membius siapa saja yang menatapnya. Reza jatuh cinta kepada seseorang yang telah memikat hatinya saat pertama kali mereka berjumpa dan bolu tape yang dibuat oleh seseorang. Seseorang itu adalah Bulan. Reza langsung saja menyetujui perintah orangtuanya yang akan menjodohkan Reza dan Bulan. Reza merasa bahagia karena dia akan menikah dengan Bulan yang merupakan seseorang yang dicintainya. Tapi Bulan merasa tidak mau untuk melanjutkan perjodohan tersebut karena Bulan tidak mencintai Reza dan Bulan masih menunggu seseorang yang dia cinta di masa lalunya. Lalu akankah perjodohan Reza dan Bulan tetap dilaksanakan hingga sampai ke pernikahan? Akankah Bulan mencintai Reza seperti Reza mencintai Bulan? Atau Bulan lebih memilih seseorang yang mencintai dan dicintainya di masa lalu?

Bintang Lazuardi :

Bintang adalah anak orang kaya. Namun sayang sekali hubungan Bintang dan kedua orangtuanya tidak harmonis karena kedua orangtua Bintang sibuk mencari uang hingga sampai lupa dengan anak semata wayangnya yaitu Bintang. Saat awal masuk sekolah menengah atas atau masa putih abu-abu,untuk pertama kalinya Bintang terlambat dan malah bertemu dengan seseorang yang bernama Bulan. Bermula dari situlah akhirnya Bintang & Bulan menjalin persahabatan. Lama kelamaan akhirnya Bintang & Bulan saling suka dan saling cinta. Namun,tiba-tiba saja Bintang menghilang entah kemana hingga membuat Bulan sangat khawatir. Kemanakah perginya Bintang? Apakah Bintang sengaja pergi meninggalkan Bulan dan ingin menghindar dari Bulan? Ataukah Bintang harus pergi agar keadaannya lebih baik dan untuk keperluan yang sangat penting?

Sinar Rembulan :

Sinar Rembulan itulah namanya. Orang tuanya memberi nama Sinar Rembulan karena butuh waktu yang lama sampai bertahun-tahun hingga Sinar Rembulan bisa lahir ke dunia ini. Sinar Rembulan biasa dipanggil dengan nama Bulan. Sejak SMA bulan bersahabat dengan Bintang. Bulan & Bintang bersahabat layaknya seperti sepasang kekasih. Keduanya saling sayang dan saling cinta. Namun pada akhirnya Bintang meninggalkan Bulan tanpa alasan dan sebab. Walaupun Bulan berusaha mencari Bintang sekuat tenaga,Bulan tidak bisa juga menemukan Bintang sosok lelaki yang sangat dicintainya.

Hari berganti hari hingga akhirnya Bulan lulus kuliah. Orangtua Bulan berniat menjodohkan Bulan dengan anak sahabatnya yang bernama Fahreza Ibrahim. Bulan tak setuju sebenarnya karena Bulan masih menunggu Bintang. Namun Bulan tak bisa menolak keinginan orangtuanya tersebut. Hingga akhirnya Reza & Bulan menikah walaupun Bulan tidak mencintai Reza dan hanya menjadikan Reza sebagai pelarian saja.

Pic by Farida Asadi


Setelah menikah dan mempunyai anak bernama Bumi,Bulan masih saja tidak bisa membuka hatinya untuk Reza. Namun Reza selalu bersikap hangat dan penuh cinta kepada Bulan. Keadaan berubah setelah Bintang datang kembali kepada Bulan hingga Bulan & Bintang menjalin hubungan terlarang. Namun Reza mengetahui hal tersebut hingga Reza menceraikan Bulan. Namun apa jadinya jika setelah Bulan & Reza bercerai,Bulan malah hamil? Lalu siapakah ayah dari anak yang dikandung Bulan? Reza ataukah Bintang? Lalu apa yang akan Bulan lakukan dengan hal tersebut? Akankah Bulan memilih Bintang untuk meneruskan hidupnya? Atau kembali kepada Reza yang sekarang membenci Bulan?

Berawal dari membaca cerita Langit Malam & Over The Rain di aplikasi Wattpad,akhirnya saya memutuskan untuk membeli novel Over The Rain. Novel ini menurut saya istimewa karena berbeda dengan novel-novel yang sudah pernah saya baca. Novel Over The Rain adalah gabungan dua cerita antara Langit Malam & Over The Rain. Saya suka sekali dengan sampul depan dan sampul belakang juga pembatas bukunya yang menurut saya menarik. Novel Over The Rain karya mbak Asri Tahir membuat saya seperti naik Roller Coaster saat membacanya. Ada kesedihan dan kesenangan secara bersamaan. Saya kurang suka dengan karakter Bulan yang mengkhianati suaminya sendiri. Namun saya kagum akan sikap Bulan yang berubah menjadi kuat dan hebat setelah mengakui kesalahannya. Saya merekomendasikan novel Over The Rain untuk dibaca untuk kalian para penggemar novel bergenre romance agar bisa mengetahui segala hal tentang novel ini.

Novel Over The Rain ini adalah novel yang masuk lini Le Marriage sehingga novel ini banyak membahas seputar pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Tokoh di dalam novel ini yaitu Sinar Rembulan yang bersikap egois, pekerja keras dan penyayang. Ada pula Fahreza Ibrahim yang bersikap Penyayang dan Pekerja Keras. Serta Bintang Lazuardi yang bersikap egois dan mau menang sendiri. Alur dari novel ini adalah alur maju mundur sehingga harus lebih teliti saat membacanya. Novel ini juga menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu.

Pesan yang saya tangkap setelah membaca novel ini yaitu sebagai seorang istri dan ibu yang baik janganlah menjalin hubungan terlarang dengan pria lain. Adapula nilai pendidikan yang saya ambil dari novel ini yaitu alangkah baiknya kita bekerja dengan pekerjaan yang kita sukai dan tentunya pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan serta sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Sedangkan nilai sosial yang saya dapatkan setelah membaca novel ini yaitu tidak usah berkomentar pedas hingga menghina atau merendahkan orang lain apabila kita belum tahu benar atau tidaknya kabar tentang sesuatu tersebut.

6 komentar:

  1. Pernah baca novel ini, tapi versi e booknya. Begitulah... jangan sampai kita menyia-nyiakan yang ada di depan kita karena menunggu yang tak pasti. Danmenyesal pada akhirnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,bener banget. Saya juga udah pernah baca versi ebooknya.

      Hapus
  2. Nampaknya novel ini cocok dibaca sama yg tengah patah hati supaya dapat semangta unk bangkit lagi kli ya? hehe #sotoy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga sih mbak. Tapi mungkin agar kita lebih banyak menyayangi orang yang sayang sama kita mbak.

      Hapus
  3. Mantep karakter di buku ini, sudah yakin dengan keputusan yang dibuatnya jadi terhindar dari keraguan.

    BalasHapus