Senin, Oktober 02, 2017

[Book Review] : Cinta Masa Lalu - Nima Mumtaz

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Cinta Masa Lalu

Penulis : Nima Mumtaz

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2014

Jumlah Halaman : 306 Halaman

ISBN : 978-602-02-3101-3

Harga : Rp. 34.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Masa lalu biarlah tetap menjadi masa lalu,apapun yang kita perbuat sekarang gak akan bisa mempengaruhinya. Kita hanya bisa memperbaikinya karena akan sangat besar efeknya buat masa depan kita nanti - Hal 20

Tapi waktu memang obat yang mujarab buat semua luka & dendam - Hal 143

Kalau ada yang mengatakan bahwa untuk mencapai kebahagiaan harus banyak pengorbanan dan rasa sakit,aku setuju. Sangat setuju - Hal 151


đź’•Review Bukuđź’•

Viona Gayatri Ruslan :

Viona adalah gadis yang berusia 18 tahun yang baru saja lulus SMA dan Viona pun akan menempuh pendidikan beasiswa ke luar negeri tepatnya di Victoria University of Wellington. Viona adalah gadis yang cuek dan tampil apa adanya,Viona juga memiliki lesung pipit,hidung mancung,mata lebar yang besar,wajah lonjong dan bibir merah muda. Namun setelah Viona bertemu dengan kekasih sepupunya,takdir dan nasib yang tragis menimpa Viona hingga menghancurkan impian,harapan dan cita-citanya di masa depan.

David Raditya Arkhan :

David Raditya Arkhan adalah pria tampan yang berusia 30 tahun. David Raditya Arkhan mempunyai nama panggilan Dave atau David. Bagi Dave,perempuan hanya sebatas teman dan Dave tidak pernah serius menjalin hubungan dengan semua perempuan. Keadaan jelas berbeda saat Dave bertemu dengan gadis berusia 18 tahun yang bernama Viona. Dave yakin kalau Viona akan menyukainya,namun ternyata Viona malah bersikap cuek dan tidak tertarik sama sekali dengan Dave. Sebenarnya Dave langsung suka dan jatuh cinta pada Viona saat pertama kali mereka berjumpa. Hingga akhirnya Dave berbuat suatu hal yang menghancurkan cita-cita,impian dan harapan Viona di masa depan. Akankah Dave masih tetap mencintai Viona walaupun tujuh tahun telah berlalu? Akankah Viona memaafkan kesalahan Dave yang telah menghancurkan impian,harapan dan cita-cita Viona di masa depan?

Apa jadinya kalau masa depan impian yang kita impikan tidak bisa terwujudkan dan takdir mengatakan kalau musibah telah tiba dan memporak-porandakan suasana bahagia? Viona sungguh malang sekali nasibnya di dalam novel ini,wajar saja jika Viona sangat membenci Dave. Namun ketika Viona kembali lagi Viona kaget akan sosok mungil yang ternyata adalah anak kandungnya bersama dengan Dave. Viona merasa marah dan jengkel namun akhirnya Viona mampu menerima kehadiran putri kecilnya setelah tujuh tahun berpisah. Jika Viona bisa menerima putri kecilnya lalu apakah Viona mau memaafkan dan menerima Dave yang telah membuatnya hancur?

Cerita di dalam novel ini sungguh membuat emosi saya naik turun. Saya sangat membenci karakter Dave di dalam novel ini. Sungguh Dave bukan pria idaman untuk dijadikan pasangan hidup. Dave itu sudah melakukan segala perbuatan buruk pernah dilakukan kecuali membunuh orang. Dave....apa sih kesalahan Viona sampai Viona harus kamu sakiti dan kamu rusak  masa depannya? Namun saya merasa simpati karena Dave bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik setelah hadirnya Daiva Saraswati Arkhan sebagai putri kecilnya.

Kak Nima Mumtaz sukses membuat saya menangis dan tertawa bahagia setelah membaca novel ini karena memang novel ini bukan hanya sekedar cerita romansa percintaan saja namun kita juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang tegar seperti Viona dan keluarga yang sukses menghadapi segala musibah dan cobaan yang ada. Typo atau salah ketik juga masih ada namun sedikit namun tidak mempengaruhi jalan cerita yang ada.

Novel ini juga bercerita tentang pasangan beda usia yang dialami Viona & Dave. Selisih usia mereka adalah 12 tahun. Ternyata dari cerita novel Cinta Masa Lalu dapat disimpulkan bahwa cinta berbeda usia memiliki kisah yang berbeda karena akan ada perbedaan dan rintangan yang harus dihadapi. Novel ini bukan hanya menarik untuk dibaca namun juga novel dengan harga termurah yang pernah saya jumpai. Jika biasanya novel yang saya beli harganya Rp.60.000. Maka novel Cinta Masa Lalu harganya Rp.34.800. Selain bisa dibeli dan dikoleksi,novel Cinta Masa Lalu karya kak Nima Mumtaz juga bisa dibaca secara gratis melalui aplikasi perpustakaan digital iJakarta.

Tema dari novel ini yaitu cinta beda usia yang rumit dan sulit. Saya suka karakter Viona yang ceria, tampil apa adanya dan lumayan cuek. Namun saya membenci karakter Dave yang sombong, angkuh, suka menang sendiri dan ceroboh. Alur cerita dari novel ini yaitu alur maju mundur sehingga kadang agak membingungkan. Walaupun begitu, novel ini memiliki latar tempat di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor dan Yogyakarta. Latar waktu dari novel ini yaitu antara bulan Mei 2005 - bulan Mei 2012. Lama juga ya ternyata? Betul tidak pemirsa?

Lalu pesan apa nih yang saya dapatkan setelah membaca novel ini? Pesan yang saya dapatkan setelah membaca novel ini yaitu jangan suka selalu berfikir negatif kepada orang lain,karena dengan berjalannya waktu bisa menjadikan seseorang berubah sikap menjadi lebih baik. Ada juga loh nilai pendidikan dan nilai sosial yang saya dapatkan setelah membaca novel ini. Lalu apa sajakah itu? Nilai pendidikan yang saya dapatkan setelah membaca novel ini yaitu alangkah baiknya kita tetap bijak menyikapi masa lalu dengan bijak entah itu masa lalu baik atau buruk karena bila tak ada masa lalu maka tak akan ada masa kini dan masa depan. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk masa depan juga sebagai pengalaman untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selanjutnya adalah nilai sosial yang saya dapatkan setelah membaca novel ini yaitu jika ada teman atau saudara yang mengalami kesusahan alangkah baiknya jika kita membantu atau menolong dan jangan sampai kita malah merepotkan atau menghina teman atau saudara yang mengalami kesusahan tersebut. Menurut saya cerita di dalam novel ini memang bagus dan sarat akan nasehat dalam kehidupan sehari-hari. Bahasanya pun mudah dimengerti oleh para pembaca termasuk saya. Namun sayang sekali di bagian halaman berapa tapi entah saya lupa. Ada satu paragraf yang double dalam satu halaman yang menurut saya terlalu boros tapi tidak mengurangi keunikan dari novel ini.

2 komentar:

  1. Kalimat yg srring tak dengung2 kan kak sambil tak nyanyiin

    "Masa lalu... biarlah masa lalu.."

    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka lagu Masa Lalu,tapi malah jadi ingat dengan kenangan di masa lalu.

      Hapus