Selasa, Oktober 03, 2017

[Book Review] : Akulah Arjuna - Nima Mumtaz

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi


đź’•Sinopsisđź’•

Pencarian Cinta seorang Arjuna Antara hati dan logikanya Oke, inilah masalah pelik yang membelitku. Aku beristri dua! Upss punya pacar dua, tepatnya. Eehhh, enggak juga. Yang pasti saya punya dua pasangan tapiii ... gak tepat juga ini, jadi apa lstilah yang pas, ya?

Dalam khayalanku yang terliar pun gak akan pernah aku bayangin dapet nasib kayak gini. Aku adalah tipe lelaki setia yang tak akan pernah mempunyai dua pasangan dalam satu waktu bersamaan. Itu pantangan buat aku.Tapi sialnya itulah yang terjadi sekarang ini. Walaupun ini bukan mauku dan gak pernah kusengaja. Suer!

Di satu sisi aku udah punya Nina—walaupun dia gak secara langsung mengiyakan permintaanku, tapi boleh dong aku kepedean nyebut dia pacar. Secara dia juga memperlakukan aku seperti pacarnya. Tapi di sisi lain ada anak bos, si setan cilik yang nyebelin itu, yang memproklamirkan diri sebagai pasanganku di kantor.

Indah, bukan? Banget! Bahkan terlalu indah untuk playboy terganteng seperti aku sekalipun.

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Akulah Arjuna

Penulis : Nima Mumtaz

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2014

ISBN : 978-602-02-4771-7

Jumlah Halaman : 445 Halaman

Harga : Rp.74.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Kita kan gak bisa milih pada siapa kita jatuh cinta - Hal 6

Kalau cinta sudah memilihmu,kemanapun kau menghindar,tak akan ada cukup tempat kau sembunyi - Hal 59

Beneran deh,hati kalau lagi seneng gak bisa diboongin. Orang sedunia mau ngomong apa juga,kagak ngaruh! - Hal 117

Orang kuat itu adalah orang yang bisa nahan diri saat marah - Hal 123

Saat mencintai seseorang,kita tak akan pernah peduli dengan masa lalunya,dengan apa yang mengikutinya,bahkan dengan semua keburukan dan kebusukannya. Kita hanya akan melihat apa adanya dan hanya mengharapkan semua hal yang terbaik untuknya. Bahkan tak akan pernah peduli kalau akhirnya hanya sakit yang bisa kita terima . Kamu hanya ingin melihat dia tersenyum,hanya ingin dia bahagia - Hal 172 & Hal 173

Namun hidup memang tak pernah berjalan dengan sederhana bukan?Banyak hal yang terjadi dan berputar membuat hidup penuh warna dan tantangan - Hal 262

Aku tak akan bilang cintaku sedalam samudera,tidak juga setinggi bintang-bintang di angkasa. Cintaku hanyalah sebuah cinta yang sederhana,yang hanya ingin melihatmu tersenyum bahagia dan menikmati hari-hari kita bersama. Kamu dan aku adalah cinta. Aku mencintaimu dan tak ada apapun yang bisa merubah itu,selamanya - Hal 362 & Hal 363

đź’•Review Bukuđź’•

Arjuna Narendra Ruslan :

Arjuna adalah pria mapan,tampan,dan idaman para wanita. Kenapa dan apa alasannya? Arjuna itu tipe cowok humoris dan romantis. Arjuna dikenal karena sifatnya yang penyayang dan pekerja keras. Arjuna banyak dipuja oleh para wanita. Namun sayangnya,untuk urusan cinta,Arjuna masih belum bisa dikatakan beruntung. Karena dari sekian banyak wanita yang memujanya tidak ada satupun yang dicintainya.

Ketika usia sudah matang yaitu 27 tahun maka Arjuna memutuskan untuk serius menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan. Hingga pada suatu hari,Arjuna mempunyai calon istri yang bernama Anna Karenina Purbaningrum. Namun apa jadinya jika ada seorang gadis kecil yang mengaku sebagai pacar Arjuna? Gadis kecil tersebut adalah anak dari atasan Arjuna di kantor. Lalu apakah Nina akan cemburu dan menjauhi Arjuna? Lalu Arjuna akan memilih siapa? Nina atau gadis kecil anak si boss? Tapi dalam lubuk hati yang paling dalam,Arjuna tak pernah berfikir kalau akan mempunyai dua pacar sekaligus dan Arjuna pun merasa tidak wajar apabila menjalin hubungan asmara dengan gadis kecil. Bagaimana kisah Arjuna dan kekasih hatinya yang akhirnya bisa membuat bahagia?


Anna Karenina Purbaningrum :

Nina,begitulah panggilan namanya ketika di kantor. Nina adalah salah satu karyawan bagian keuangan yang kantornya masih satu gedung dengan kantor tempat Arjuna bekerja. Nina adalah salah satu lulusan UI jurusan Matematika. Nina juga mempunyai wajah cantik yang membuat Arjuna jatuh hati. Nina memang menyukai Arjuna dan mereka mulai pacaran walaupun Nina tidak mengiyakan permintaan Arjuna untuk menjadi pacarnya.

Keadaan hubungan Arjuna-Nina semakin renggang saat Arjuna dekat dengan gadis kecil anak si boss. Dari gosip yang beredar gadis kecil dan Arjuna memang berpacaran. Mendengar gosip tersebut Nina marah dan jengkel bukan main. Nina juga pengalaman buruk tentang cinta dari orangtuanya. Orang tua Nina bertengkar terus hingga membuat Nina jengkel dan orangtua Nina pun hidup tidak harmonis. Karena hal tersebut Nina malah menjalin hubungan terlarang dengan mas Yudi yang merupakan atasannya di kantor karena Nina cemburu dengan Arjuna yang dekat dengan gadis kecil anak si boss. Lalu bagaimana kisah cinta Nina selanjutnya? Akankah berakhir bahagia atau justru malah sengsara? Apakah Arjuna akan tetap mencintai Nina jika Nina sudah berani berselingkuh dengan mas Yudi?

Ayana Gabrielle Rhozamond Bhatara :

Ayana adalah gadis kecil yang berusia 16 tahun yang memiliki kulit putih,bibir tipis berwarna pink dan tinggi badan yang hampir mirip dengan orang dewasa. Selain cantik,Ayana juga memiliki beberapa hobi seperti suka nonton,dengerin musik sampai makan. Ayana adalah anak tunggal dan Ayana juga sudah tidak mempunyai ibu karena ibunya meninggal saat akan melahirkan adik Ayana. Semenjak ibunya meninggal,Ayana menjadi gadis yang pendiam dan terlihat sedih. Namun keadaan itu berubah saat Ayana bertabrakan dengan seseorang yang bernama Arjuna dan Ayana langsung menyukai Arjuna. Lalu apakah Ayana akan tetap mencintai Arjuna jika Arjuna bersifat acuh tak acuh dan mengabaikan Ayana?

Arjuna,Nina dan Ayana. Mereka bertiga terjebak dalam cinta segitiga. Arjuna mencintai Nina namun Ayana mencintai Arjuna. Arjuna memang menyayangi Nina karena Nina adalah pacar Arjuna. Lalu Ayana mengumumkan kepada semua orang kalau Arjuna berpacaran dengan Ayana. Arjuna membantah hal tersebut karena Arjuna mencintai Nina dan Arjuna tidak suka menjalin cinta dengan gadis ABG seperti Ayana.

Untuk membaca novel Akulah Arjuna ini alangkan baiknya sebelum membaca novel ini kalian harus membaca novel Cinta Masa Lalu terlebih dahulu karena novel ini dan novel Cinta Masa Lalu saling berkaitan. Kalau membaca novel Cinta Masa Lalu membuat emosi saya naik turun dengan kisah Dave & Viona maka di novel Akulah Arjuna ini kak Nima Mumtaz membuat saya tertawa terbahak-bahak karena tingkah Arjuna yang lucu dan menggemaskan.

Arjuna itu menurut saya pria idaman semua wanita. Kenapa saya berfikir demikian? Karena Arjuna itu tampan,humoris dan tipe pria setia pada pasangannya. Namun sayang sekali kisah cintanya tak seperti apa yang saya duga. Pokoknya saya suka novel Akulah Arjuna walaupun harganya lumayan mahal yaitu Rp. 74.800. Namun tak usah khawatir karena harga tersebut sepadan dengan isi cerita di dalam novel Akulah Arjuna.

Namun ada sifat Arjuna yang tidak saya suka yaitu suka bingung dan pelupa. Sifat Ayana juga membuat saya agak gimana gitu karena menurut saya Ayana kok genit dan tidak tahu malu. Namun ada pula sifat Ayana yang baik dan terpuji seperti mengingatkan Arjuna untuk Sholat Jum'at di Masjid. Novel Akulah Arjuna juga masih bercerita tentang cinta beda usia seperti novel Cinta Masa Lalu. Saya rekomendasikan untuk kalian para pecinta novel bergenre romance bisa dong ya membaca novel Akulah Arjuna agar bisa terhibur dengan Arjuna yang tampan namun tetap bersikap manis dan humoris.

Novel Akulah Arjuna ini tema-nya hampir sama dengan novel Cinta Masa Lalu yang juga merupakan novel karya kak Nima Mumtaz. Tokoh utama di dalam novel ini yaitu Arjuna Narendra Ruslan yang memiliki sikap humoris romantis, periang, dan bertanggung jawab. Ada juga tokoh lainnya seperti Anna Karenina Purbaningrum yang suka menyianyiakan kesempatan. Ada pula Ayana Gabrielle Rhozamond agak sedikit centil namun tetap periang dan penyayang.

Novel ini memiliki latar tempat di dua negara yaitu Belanda dan Indonesia. Mungkin yang membuat novel ini menarik adalah karena memiliki latar tempat di dua negara tersebut, ya kan sobat? Pesan saya dapatkan setelah membaca novel ini adalah adakalanya kita mengalami bahagia dan sengsara. Jika bahagia maka kita harus bersyukur. Jika sengsara kita jangan hanya mengeluh dan menyalahkan orang lain saja.

Di dalam novel ini adapula nilai-nilai yang dapat kita petik seperti nilai pendidikan yaitu walaupun kita sudah menikah bukan berarti itu alasan untuk tidak meneruskan kuliah. Sedangkan nilai sosial yang bisa dipetik dari novel ini adalah kita wajib membantu orang lain di sekitar kita yang memerlukan pertolongan. Untuk nilai kebudayaan, saya dapat menyimpulkan bahwa novel Akulah Arjuna mengingatkan saya akan cerita pewayangan. Di dalam novel ini banyak juga percakapan yang menggunakan Bahasa Jawa. Diantara sekian banyak hal-hal menarik dari novel ini namun adapula yang membuat saya sedikit kecewa karena harga novel ini lumayan mahal yaitu Rp.74.800. Namun saya tidak kecewa terlalu dalam dan bersedih terlalu lama karena ternyata novel ini bisa dibaca secara gratis melalui aplikasi perpustakaan digital iJakarta.

2 komentar:

  1. sepertinya novelnya bagus yaa.. lumayan tebal jugaa yaa 400 halaman lebih euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Tapi menurut saya novel ini asik saat dibaca mbak walaupun jumlah halamannya banyak.

      Hapus