Minggu, September 03, 2017

Pisang Cavendish Sunpride
Pic by Farida Asadi
Anak sehat makanannya empat sehat lima sempurna, nasi sayur lauk buah serta susu namanya. Dulu, sekitar tahun 2014 saat saya masih kelas 12 SMK dan keponakan saya bersekolah di PAUD, lagu tersebut sering saya dengar di rumah karena keponakan saya selalu suka untuk menyanyikan lagu tersebut.

Dari nyanyian itulah saya jadi teringat betapa pentingnya buah untuk kesehatan karena masuk dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, kesadaran para warga di desa saya untuk mengkonsumsi buah masih sangat rendah terbukti dari beberapa orang yang jarang mengkonsumsi buah entah itu belum mampu membeli buah atau memang tidak suka buah.

Saya merasa senang, karena anak-anak KB, PAUD dan TK di desa saya sering kali mengadakan acara makan bersama yang mewajibkan membawa makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga para siswanya bisa makan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Saya agak sedikit merasa gimana gitu ketika ada anak kecil tetangga saya yang umurnya 4 tahun tapi tidak dibiasakan mengkonsumsi buah & sayur padahal orangtuanya mampu untuk membeli buah namun tidak mau membelikan anaknya buah karena untuk menghemat pengeluaran.

Namun apa yang terjadi pemirsa? Si anak tumbuh dengan badan yang lemas dan tidak tahu beberapa jenis buah karena orangtuanya tidak pernah memperkenalkan dengan buah.

Maka dari itu saya banyak belajar dari kejadian tersebut yaitu jangan terlalu pelit untuk memenuhi kebutuhan anak, karena tumbuh kembang anak memerlukan asupan buah yang lezat dan sehat.

Hidup di desa memudahkan saya untuk mendapatkan buah karena memang di desa saya masih terdapat banyak buah seperti mangga, pisang, dan jambu. Walaupun berada di ketinggian, desa saya kurang cocok ditanami buah-buahan. Para petani di desa saya lebih memilih menanam padi dan sayuran karena memang hasilnya menguntungkan.

Walaupun begitu saya tetap suka dengan kondisi desa saya karena rukun dan suka berbagi buah kepada tetangga saat musim panen buah tiba entah itu panen buah mangga, buah jambu, hingga buah pisang. Para tetangga saya juga masih banyak yang menanam pisang di kebunnya terbukti dari beberapa pohon pisang yang tumbuh subur di kebun para tetangga saya.

Saat lebaran akan tiba biasanya para warga memanfaatkan daun pisang untuk membuat lontong. Selain itu, batang pohon pisang juga dimanfaatkan untuk dijual menjadi keranjang tembakau dan banyak juga para warga yang memanfaatkan bogol pisang (batang pohon pisang paling bawah) untuk dijadikan kerupuk.

Buah pisang jugalah yang menjadi buah favorit para warga di desa saya karena rasanya enak dan tentu saja gratis karena bisa memetik langsung di kebun milik sendiri jika kita menanam pohon pisang.

Buah pisang cocok dikonsumsi segala usia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua boleh mengkonsumsi buah pisang. Setelah bayi berusia 6 bulan pun buah pisang digunakan sebagai makanan pendamping ASI dengan cara diuleg dan diberi sedikit gula merah.

Saat saya membaca novel pun ada beberapa bab yang menjelaskan tentang manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Tuh kan bener banget buah pisang memang buah istimewa yang wajib dikonsumsi untuk segala usia.

Lalu apa sih sebenarnya buah pisang itu? Buah pisang adalah buah yang berbentuk seperti jari-jari tangan dan kulit buahnya berwarna hijau dan kuning, daging buahnya berwarna putih rasanya manis dan tentunya lezat dan sehat. Ada beberapa jenis buah pisang yang yang saya ketahui seperti pisang Raja, pisang Kluthuk, pisang Kepok, pisang Mas, pisang Sriti, dan pisang Ijo.

Semenjak aktif di dunia blog saya jadi sering menulis dan beberapa kali blogwalking ke beberapa blogger kece. Berawal dari blogwalking itulah saya mengenal blogger kece yang memang aktif menulis dan sering mengkonsumsi buah yaitu mbak Evrina Budiastuti.

Berawal dari situlah akhirnya saya mengetahui beberapa buah yang memang khas Nusantara dan 100% produk Indonesia dan akhirnya saya mengenal Sunpride Indonesia. Ada banyak buah khas Nusantara yang berlabel Sunpride FreshEveryday seperti buah naga, guava crystal, jeruk baby, mangga chokanan, melon, nanas honi, pepaya california dan pisang.

Ada juga beberapa pisang unggulan Sunpride yang menjadi favorit seluruh masyarakat berbagai kalangan seperti pisang Kepok, pisang Mas, pisang Raja Bulu, pisang Tanduk, pisang Ambon dan pisang Cavendish. Pisang lezat dan sehat ya pisang pasti Sunpride.

Lalu bagaimana cara mendapatkan buah-buah Nusantara Sunpride? Tenang-tenang, buah-buah berlabel Sunpride FreshEveryday bisa kita beli di The Food Hall, Transmart Carrefour, Giant, Lotte Mart, Ranch Market, Hero, Superindo, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Rumah Buah, Hypermart, Family Mart, Food Mart, All Fresh, Total Buah Segar dan modern market lainnya.

Membicarakan buah pisang saya menjadi ingat buah pisang Cavendish Sunpride. Sebenarnya apa sih itu pisang Cavendish? Kok namanya keren begitu ya. Dan ternyata menurut informasi yang saya ketahui dari Sunpride, pisang Cavendish adalah salah satu jenis buah pisang yang merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer dan terkenal di dunia.

Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Metode kultur jaringan memiliki keunggulan bibit pisang yang hasilnya lebih baik daripada dengan bibit dari anakan. Keunggulan lainnya yaitu bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Pertama kali melihat pisang Cavendish saya langsung bahagia karena ukuran pisang lumayan besar dan warnanya kuning bersih dan cerah. Saya langsung terpikat akan warna dan bentuk buah pisang Cavendish. Karena bentuknya cantik dan menarik.

Seringkali pisang Cavendish dianggap sebagai buah import karena bentuknya bagus dan warnanya cerah. Padahal buah pisang Cavendish Sunpride adalah 100% buah Indonesia karena ditanam di kebun milik group Gunung Sewu yang ada di Lampung. Ternyata kulit buah pisang Cavendish Sunpride yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya.

Pisang Cavendish Sunpride dijual di modern market dengan berbagai jenis seperti Cluster, Finger & Single. Pisang Cavendish Cluster terdiri dari 3-8 Fingers, pisang Cavendish Finger terdiri dari 1-2 Fingers sedangkan Cavendish Single hanya ada 1 Finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.

Lalu kenapa saya memilih pisang Cavendish Sunpride sebagai buah favorit saya untuk menemani hari-hari saya? Ada banyak alasan kenapa saya memilih pisang Cavendish Sunpride yaitu,

1. Buah Pisang Cavendish Sunpride 100% Khas Nusantara 

Buah pisang Cavendish Sunpride adalah buah khas 100% Indonesia karena ditanam di kebun milik group Gunung Sewu yang ada di Lampung. Dengan mengkonsumsi buah khas 100% Nusantara berarti kita bangga dengan produk Indonesia sehingga bisa mensejahterakan para petani Nusantara.

2. Buah Pisang Cavendish Sunpride Bersertifikat

Buah pisang Cavendish Sunpride sudah bersertifikat. Jadi kalian tidak usah ragu kalau mau mengkonsumsi buah pisang Cavendish Sunpride.

3. Buah Pisang Cavendish Sunpride Lezat dan Sehat

Buah pisang Cavendish Sunpride selain kulit buahnya mulus dan warnanya kuning cerah, rasa buahnya pun enak dan manis tapi tidak terlalu manis. Tekstur lembut dan biji buah sangat kecil sehingga enak sekali saat dimakan. Buah pisang Cavendish Sunpride memang lezat, sehat dan mantap.

Tak hanya lezat dan mantap saja, namun pisang Cavendish Sunpride juga kaya manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak gizi seperti Riboflavin, Mangan, Vitamin A, Vitamin B6, Niacin, serat, protein, Vitamin C, Kalium, Folat dan Magnesium.

Dari banyaknya kandungan gizi tersebut kita bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit dalam dan penyakit menular setelah mengkonsumsi buah pisang Cavendish Sunpride.

Buah pisang Cavendish Sunpride baik untuk menyehatkan pencernaan karena banyak mengandung serat sehingga memperlancar sistem pencernaan. Buah pisang Cavendish Sunpride juga baik untuk kesehatan ginjal ternyata, saya merasa senang karena setahun yang lalu ginjal saya terkena kram ginjal hingga batu ginjal. Maka saat ini, dengan mengkonsumsi buah pisang Cavendish Sunpride saya berharap agar ginjal saya selalu senantiasa sehat.

Buah pisang Cavendish Sunpride juga bisa mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi, menambah asupan energi, menyehatkan mata, baik untuk kesehatan tulang & gigi, mencegah anemia, menyehatkan jantung, bisa mengatasi sakit asma, baik untuk kesehatan otak, menjaga bentuk tubuh, masker wajah untuk jerawat, baik untuk kesehatan lambung, membantu pertumbuhan janin dan meningkatkan sistem imun tubuh. Wah, banyak sekali kan manfaat pisang Cavendish Sunpride untuk kesehatan. Yuk buruan konsumsi buah pisang Cavendish Sunpride agar hidup makin sehat.

Saya juga punya sedikit cerita nih bersama Pisang Cavendish. Sebenarnya sudah sejak sebulan yang lalu saya ingin membeli buah pisang Cavendish Sunpride namun baru beberapa hari yang lalu akhirnya saya bisa membeli buah pisang Cavendish.

Di kota saya yaitu kota Kendal tidak ada yang menjual pisang Cavendish Sunpride. Hingga akhirnya saya ke Mall Ciputra Semarang untuk membeli pisang Cavendish Sunpride berjenis Cluster yang terdiri dari 4 Finger dengan harga Rp. 15.850.

Pisang Cavendish Sunpride juga menjadi pisang kesukaan saya dan keluarga besar saya agar hidup makin sehat dan bahagia. Selain itu, pisang Cavendish Sunpride bisa dijadikan teman perjalanan jauh agar tidak kelaparan.

Teman traveling yang seru dan menyenangkan ya buah pisang Cavendish Sunpride. Berhubung saat ini lagi musim nikahan, bisa juga nih menggunakan pisang Cavendish Sunpride untuk parsel hantaran pernikahan atau lamaran. Itulah sedikit cerita saya bersama pisang Cavendish Sunpride. Bagaimana dengan kalian sobat?

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba KOMPETISI BLOG “AYO MAKAN BUAH NUSANTARA” #PisangPastiSunpride #BuahPastiSunpride #LombaBlogSunprideID

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates