Rabu, Agustus 30, 2017

Memahami dan Mencari Makna Kemerdekaan di Era Digital

- Agustus 30, 2017
Lomba Blog Paling Baru
Pic by Pexel, edited by Farida Asadi
Bulan Agustus sebentar lagi akan berlalu namun semangat kemerdekaan tak pernah layu. Sebenarnya apa sih arti merdeka itu? Merdeka itu bebas. Memang merdeka adalah bebas, kemerdekaan adalah kebebasan.

Lalu apa arti dari kemerdekaan di era modern ini? Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi selalu berkembang dan terus berkembang hingga membawa dampak negatif dan dampak positif. Saya punya beberapa pendapat tentang kebebasan atau kemerdekaan di era digital ini? Yuk simak pendapat saya di bawah ini :

1. Bebas mengemukakan pendapat namun jangan sampai menimbulkan pertentangan dan permusuhan

Sering kali saat kita berkumpul dan rapat atau menghadiri suatu pertemuan sering kali kita berbeda pendapat. Mengemukakan pendapat memang bebas namun adakalanya patuhi juga norma dan aturan yang berlaku sehingga tidak ada orang yang tersinggung atau marah dan jangan sampai menimbulkan pertentangan dan permusuhan.

Karena kecanggihan teknologi inilah ada sosial media, dan sosial media kadang malah disalahgunakan untuk menulis apa yang menjadi perbedaan pendapat saat rapat atau pertemuan hingga menimbulkan permusuhan dan perselisihan. Maka dari itu, berhati-hatilah saat mengemukakan pendapat agar tidak menimbulkan permusuhan dan perselisihan.

2. Katakan tidak pada "HOAX"

Sosial media sering kali menjadi sumber berita yang sangat mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Namun, tidak semua berita yang ada di sosial media itu terbukti kebenarannya. Ada banyak berita bohong atau "HOAX" di sosial media.

Berita "HOAX" seringkali merugikan masyarakat sehingga kita harus berhati-hati saat mengakses berita di sosial media yang belum teruji kebenarannya. Jangan pula membuat atau bahkan menyebarkan berita bohong atau "HOAX" agar tidak merugikan masyarakat.

3. Bijak menggunakan sosial media

Di era digital ini semua orang memakai gadget untuk aktivitas sehari-hari. Tak hanya di perkotaan saja ,namun pemakaian gadget juga sudah merambah daerah pedesaan. Selain itu, sosial media juga sepertinya wajib dimiliki oleh semua orang yang mempunyai gadget di era modern ini terbukti dari banyaknya pengguna media sosial yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana kita menggunakan cara menggunakan sosial media yang baik dan benar? Sosial media diciptakan bukan untuk menimbulkan permusuhan namun sosial media digunakan untuk sarana komunikasi agar kita selalu bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

Bijaklah menggunakan sosial media dengan tidak membuat konten yang merugikan orang lain atau menghina orang lain. Tak semua hal dan kegiatan yang kalian lakukan pun jangan selalu di update di sosial media. Boleh di update tapi jangan lupa juga untuk berhati-hati saat menggunggah atau update di sosial media.

4. Bebas berkreasi dengan kecanggihan teknologi serta menaati norma-norma dan peraturan yang berlaku

Beruntunglah dengan kecanggihan teknologi kita bisa berkreasi dengan membuat desain grafis misalnya. Namun saat membuat desain grafis jangan lupa juga untuk menaati norma-norma dan peraturan yang berlaku. Kita bebas berkreasi namun taati aturan yang ada.

5. Bisa mendapatkan rejeki dari kecanggihan teknologi namun jangan merugikan diri sendiri dan orang lain

Kecanggihan teknologi juga bisa menambah rejeki. Misalnya saja dengan kita berjualan secara online melalui media sosial. Kita bebas berjualan di sosial media namun jangan lupa perhatikan barang apa yang akan kita jual. Jangan sampai barang yang kita jual malah membuat kita terkena musibah atau masalah. Maka dari itu, berjualan online lah yang sesuai peraturan yang ada dan tentunya berjualan online yang diminati banyak orang seperti berjualan pakaian misalnya.

Itulah pendapat saya mengenai arti kemerdekaan di era digital? Bagaimana pendapat kalian?

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”

32 komentar:

  1. Untuk sampai saat ini, saya masih mengartikan kemerdekaan sebagai kebebasan untuk berpendapat. Bener, salah satunya persis kayak saya. Hehehe.

    Semoga menang yak lombanya!

    BalasHapus
  2. Iya bisa mengeluarkan pendapat dengan bebas di media sosial/ blog milik pribadi atau media lainnya bukan berarti gak pakai aturan kalau menulis TFS :D

    BalasHapus
  3. Makna kemerdekaan di era digital memang banyak sekali hoax yang bikin kita rincu. Sharing sebelum share

    BalasHapus
  4. Nah setuju sama Mpo saring sebelum share dan jangan mudah kemakan berita hoax itu sih kemerdekaan digital menurut saya

    BalasHapus
  5. Yessss bener banget mbak, kemerdekaan jaman now, kita bebas mengeluarkan pendapat termasuk di sosial media. Tapi perlu dijadikan catatan, jangan sampai kebablasan atau membuat berita HOAX.

    BalasHapus
  6. Kemerdekaan memang bebas berkreasi, tapi tentu masih ada batas-batas norma yang ada
    Jangan sampai kebablasan, karena yang berlebihan itu gak baik hehehe

    BalasHapus
  7. Era digital memang bisa jadi pisau bermata dua ada baik dan buruknya tinggal kita pandai pandai memanfaatkannya

    BalasHapus
  8. Kemerdekaan di masa sekarang ini dekat dengan ungkapan "bebas tapi sopan" artinya, meakipun kita bisa berekspresi sesuka kita tapi tetap terikat aturan yaitu etika...

    BalasHapus
  9. setuju, kadang bisa sih menahan diri untuk tetap 'bebas dengan norma2' tapi suka kesel sendiri liat komen-komen orang lain yang 'bebas banget' ga pake norma segala macem...malah jadi penyakit hati karena pengen nyinyir terus haha

    BalasHapus
  10. Setuju banget mbk.
    Ngomobgin hoax, Aku paling sebel kalo ada yang tiba2 nyebarin link yang nggak bener isinya. Kadang hampir bener tapi ternyata hoax, kesel banget rasanya. Kok ada ya orang yg hobi nyebarin berita yg nggak bener, merugikan banget

    BalasHapus
  11. Sebagian masyarakat memang gagap budaya, sehingga enggunakan medsos bukan untuk hal yang produktif

    BalasHapus
  12. Bijak sosial media wajib banget. Kita kudu pintar2 sehingga tidak terbujuk sama hoax yang menyesatkan

    BalasHapus
  13. Kemerdekaan memang seharusnya tidak dimaknai dengan berperilaku sebebas mungkin tanpa tanggung jawab. Harus ada batasannya. Sayangnya masih banyak masyarakat, terutama netizen, yang merasa bebas kebablasan

    BalasHapus
  14. Bijak mnggunak. Medsos dimulai dari sendiri y mba setuju bngt saring dulu sbelum belum sharing

    BalasHapus
  15. bagian hoaks itu saya setuju sekali. Kita masih terjajah kalau mudah terjebak berita bohong. Dunia digital ini seperti pedang dengan dua sisi tajam. Salah kelola, tergelincir dan merugikan diri sendiri. Bisa memanfaatkan dgn baik, akan menghasilkan dan sukses besar. Mau terkenal gampang, mau rusak juga gampang

    BalasHapus
  16. setuju sekali...zaman sekarang orang bebas berkreasi, tapi jangan sampai kebablasan juga. apalagi menyangkut masalah hoax. duh, bikin pusing itu mah.

    BalasHapus
  17. Merdeka bukan berarti sembarangan dan bebas sebebasnya.. tanggung kawab kita semua untuk jadi netizen yang bijak

    BalasHapus
  18. Setuju banget dengan semua pointnya. Alhamdulillah deh, saya udah ngerasa merdeka. Dan saya juga udah dapet banyak manfaat dari dunia digital ini.

    BalasHapus
  19. Kata merdeka memang bukan artinya bebas berbuat semaunya, point katakan tidak pada hoax aku seruju banget apalagi sekarang berita hoax mudah banget disebarkan

    BalasHapus
  20. Bijak menggunakan media sosial juga artinya menghargai kemerdekaan di jaman digital ya. Nggak asal nulis status nyinyir. Duh jadi ingat obrolan di grup, hahahhaa

    BalasHapus
  21. Sejak belajar coding aku jadi memahami ke depan perlu banget mengajarkan anak soal kecangihan era digital ini

    BalasHapus
  22. Setuju banget sama kebebasan di era digital.
    Dan sikap yang benar seperti ini juga perlu diajarkan ke anak-anak.
    Jangan sampai mereka tumbuh alay.
    Huhuu~

    BalasHapus
  23. Smoga tahun depan hoax hoax makin berkurang dan makin banyak yang bijak pakai medsos

    BalasHapus
  24. Say no to hoax ya kak,, makanya sekarang kalau baca berita kudu di teliti lebih dulu jangan asal percaya dan nyebarin.

    BalasHapus
  25. Stop and say ko to hoax. Harus bisa gitu jaman now. Biae kita merdeka seutuhnya. Tanpa pikiran halu dan hoax

    BalasHapus
  26. tabayyun dulu.. trus bertabayyun, aq dl sering sebar2 berita gt Mba. niatnya biar gak kejadian sm temen2 atau kluarga. eh, ternyata bnyak yg hoax jg. skrg sdh sering bertabayyun dl :)

    BalasHapus
  27. Setuju pakai banget sama semuanya, mba!

    Apalagi yang nomor 2 itu, "Katakan TIDAK pada HOAX"

    Kita sebagai blogger juga punya kewajiban moral untuk menjadi teladan.

    "Saring before sharing" kudu dijadikan kebiasaan!

    BalasHapus
  28. Teknologi maju bikin hoax makin mudah tersebar kemana mana ya kak. Makanya penting bagi kita untuk saring sebelum sharing

    BalasHapus
  29. Merdeka berpendapat dan berkreasi tapi tetap harus dengan norma dan batasan. Mari kita stop HOAX.

    BalasHapus
  30. Nah, dengan kecanggihan teknologi yang kita hadapi saat ini, menjadi PR bagi generasi muda untuk menaklukkan dunia dan menunjukkan bahwa Indonesia itu negara yang pantas diperhitungkan di mata dunia.

    BalasHapus
  31. era ditigal memang memudahkan akses informasi, tapi karena itu pula juga harus membuat kita lebih berhati-hati terutama ketika bersosmed. Jangan sampai ketika menggunakan sosmed kita sampai merugikan orang lain. Kalau dulu mulutmu harimaumu, sekarang berubah jadi jarimu harimaumu.

    BalasHapus
  32. Setuju dengan poin2 nya.
    Meredeka itu bukan berarti bebas sebebas2nya, tapi juga tetap harus memperhatikan norma yg ada. Jgn terbuai jg dgn hoax yg beredar, harus cek dan ricek dulu kabar-kabari nya sebelum ikut terjebak dalam share2 info yang geje.

    BalasHapus

 

Farida Asadi Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea