Ngeblog Untuk Memenuhi Tugas Sekolah

Pic by Pexel, edited by Farida Asadi

Dengan bersekolah kita akan mendapat ilmu mengenai hal baru. Mencari ilmu hukumnya wajib. Kalau dulu hanya SD-SMP saja kebanyakan pendidikan yang ada di daerah saya. Berbeda dengan jaman sekarang yang sudah mengalami perkembangan yang baik. Pendidikan dasar mulai dari KB (Kelompok Bermain),PAUD(Pendidikan Anak Usia Dini),TK (Taman Kanak-Kanak),SD (Sekolah Dasar),SMP ( Sekolah Menengah Pertama),SMA (Sekolah Menengah Atas) hingga jenjang perkuliahan. Saat ini banyak bantuan dari pemerintah agar anak Indonesia mengenyam pendidikan yang layak sama seperti mereka yang mampu secara ekonomi. Masa-masa indah adalah masa-masa di sekolah. Pagi setelah sarapan diberi uang saku dan hanya mikir mengenai pelajaran. Beda dengan orang bekerja,pagi setelah sarapan harus langsung bekerja keras hanya demi sesuap nasi. Maka selagi kalian masih sekolah. Pergunakan waktumu saat di sekolah untuk hal-hal yang positif. Seperti melakukan bakti sosial ke panti asuhan misalnya. Ada juga hal-hal yang tidak akan pernah dilupakan seumur hidupnya tentang kisah-kisah di sekolah. Seperti : Ramai saat di kelas,berkumpul saat membuat tugas kelompok,berwisata bersama kemah bersama,makan bersama di kantin sekolah,dihukum saat melanggar peraturan sekolah,mendapat penghargaan dan piala dari sekolah,dimarahi guru saat mendapat nilai jelek atau tidak mengerjakan tugas sama sekali,mendapatkan nilai bagus saat ulangan dan saat pengambilan raport dan masih banyak lagi.

Setiap tugas yang diberikan guru kepada muridnya pasti ada maksud dan tujuan. Contohnya saat si guru memerintahkan semua murid kelas 10 untuk membuat email. Hal ini mempunyai maksud dan tujuan agar siswa bisa mengirim surat lewat media elektronik dengan cepat,mudah dan murah.

Oktober 2011,tepatnya saat saya duduk di bangku kelas 10 SMK. Saya adalah anak SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Saat itu saya dan teman-teman satu kelas dapat tugas untuk membuat blog. Setiap siswa harus mempunyai blog lebih dari satu. Segera saja,saya dan teman-teman sekelas menuju ke ruang laboratorium komputer untuk membuat blog. Setelah daftar di blog kami harus mengirimkan alamat blog kami kepada pak guru. Berikut ini adalah blog aku :

1. www.sitifaridah1996.blogspot.com
2. www.cinokfafa.wordpress.com
3. www.siti-faridah.mywapblog.com

Semenjak saat itu saya jadi hobi ngeblog,tapi waktu itu saya masih labil. Jadi setelah ngeblog pasti saya hapus lagi. Begitu terus hingga tahun 2013. Tahun 2013 saya cuma posting di blog satu kali aja. Isi postingan mengenai hasil karya saya sejak SMP-SMK. Tahun 2016 saya aktif ngeblog kembali. Blog saya ramaikan lagi. Postingan blog berisi hasil karya tulis saya dan postingan yang saya ikutkan dalam lomba kompetisi blog. Blog saya memang sepi,tapi saya tak pernah menyerah untuk membuat blog saya ramai. Yaitu dengan memperbanyak postingan tentang hal-hal yang menarik maka blog kita lama kelamaan akan ramai.

Manfaat blog bagi para pelajar :

1. Sebagai sarana informasi

Contoh : siswa dapat memperoleh informasi mengenai salah satu pelajaran ketika berkunjung ke blog orang lain.

2. Sebagai sarana komunikasi

Contoh : siswa dapat berkomunikasi dengan para blogger di seluruh dunia.

3. Sebagai sarana untuk menuangkan hobi

Contoh : siswa punya hobi menulis artikel dan cerpen maka bisa dituangkan dalam postingan blog.

4. Sebagai sarana pembelajaran

Contoh : saat siswa mendapat tugas sekolah dan si guru sudah mempersiapkan bahan untuk tugas yang sudah diposting oleh sang guru. Sehingga hal ini mempermudah guru dalam melakukan proses pembelajaran.

5. Sebagai sarana belajar mempromosikan sesuatu

Contoh : siswa SMK dalam pelajaran kewirausahaan dapat tugas mempromosikan produk yang akan dijual lewat blog.

27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional. Banyak sekali harapan dari para blogger dalam hari blogger nasional tahun 2016 ini. Mulai dari tetap eksis menulis di blog dan masih banyak lagi. Selamat #HariBloggerNasional2016

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog @bloggercampID (bloggercampID) di Hari Blogger Nasional Indonesia 2016

Komentar

  1. Blogging itu membuat kita belajar lebih banyak dari disiplin ilmu yg kita pelajari di sekolah. tentunya berbagi pengalaman dg banyaaaak sekali orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Jo...bener banget. Dengan ngeblog bisa makin tambah ilmu sekaligus dapat teman baru.

      Hapus
  2. Kisah awal ngeblognya mirip sama kisah saya mbak. Berawal dari tugas bikin blog yang linknya harus dikirim ke pak guru hahaha

    BalasHapus
  3. sip lah sdh ngeblog dr jaman sekolah itu keren, aku juag mengajak murid2ku untuk rajin ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yuk ajak lebih banyak orang untuk ngeblog. Ngeblog itu asik.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay