Sedikit Cerita Tentang Kanker Payudara

Akhir-akhir ini saya sering mendengar banyak orang yang mengucapkan kata "kanker". Entah itu di sekitar rumahku atau di televisi bahkan sosial media. Kanker itu apa sih? Banyak yang bilang kanker itu adalah sel ganas yang menyerang tubuh manusia. Kalau begitu kanker payudara adalah sel ganas yang menyerang payudara begitu pikirku. Dulu sewaktu aku masih duduk di bangku SMP aku melihat tanteku sedang melepas branya ketika hendak tidur. Aku penasaran, kenapa ya kok dilepas branya? Lalu aku bertanya pada tanteku tersebut kenapa branya harus dilepas ketika hendak tidur. Kata tanteku biar payudaranya bisa bernafas dan istirahat. Aku berfikir lagi. Hlo kok payudara bernafas? Lalu aku tanya lagi sama si tante. Ternyata maksud si tante adalah supaya payudara bisa leluasa dan nyaman. Sejak saat itu aku sering melepas bra ketika hendak tidur. Kadang aku malah sering lupa untuk melepas bra.

Waktu aku masih duduk di bangku SMK. Temanku sakit,karena dia merasakan sakit saat jam istirahat maka segeralah temanku ijin untuk periksa ke puskesmas. Setelah pulang periksa dari puskesmas temanku menangis dengan kencangnya. Ternyata temanku terkena kanker payudara. Ada benjolan-benjolan di payudaranya. Aku kaget dan ikut mengeluarkan air mata. Teman-teman perempuan satu kelasku pun turut bersedih. Tapi aku dan teman-teman memberi semangat kepada temanku tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara. Wali kelas kami pun memberi semangat kepada temanku tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara. Wali kelaspun mencarikan daun sirsak untuk digunakan sebagai obat alami untuk penderita kanker payudara. Daun sirsak dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker. Kebetulan sekali di taman sekolah kami ada pohon sirsak. Caranya adalah rebus daun sirsak dan air sampai mendidih lalu tuang ke dalam gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan daun sirsak tersebut. Temanku tersebut rutin meminum air rebusan daun sirsak tersebut dan benjolannya kempes atau mengecil. Setelah lulus dan sibuk dengan urusannya masing-masing kami tak pernah bertemu. Karena aku kangen aku sms temanku tersebut dan aku menanyakan kabarnya. Ternyata temanku tersebut baru saja menjalani operasi pada kanker payudaranya. Cepat sembuh ya temanku. Sejak saat itu aku jadi rutin memeriksa payudaraku sendiri untuk memastikan ada benjolan atau tidak.

Gejala kanker payudara :

a.Timbul rasa nyeri pada payudara

b. Ada benjolan di sekitar payudara dan semakin lama benjolan yang tumbuh semakin membesar

c. Payudara mengalami perubahan bentuk dan ukuran karena mulai timbul pembengkakan.

d. Mulai timbul luka pada payudara dan puting susu sepeti koreng.

e. Kulit payudara menjadi berkerut

f. Keluar cairan atau darah berwarna merah dari puting susu.

Kanker payudara umumnya menyerang wanita. Namun kemungkinan kecil laki-laki juga bisa terserang penyakit kanker payudara. Untuk itu segera lakukan cek pada payudara sendiri. dan segeralah periksa dan konsultasikan kepada dokter apa yang Anda alami dan apa yang Anda keluhkan. Selain itu Anda juga dapat mencoba ramuan herbal di bawah ini :

a. Daun sirsak

Caranya yaitu 10 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air kemudian sisakan sehingga menjadi 1 gelas kemudian anda dapat meminum 2 kali setiap hari.

b.Kulit Manggis

Adanya kandungan dari buah manggis yang memiliki anti kanker, menghambat sel kanker pada payudara. Terdapat kandungan xanthone yang bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk anda dalam menjaga kesehataan dalam membantu mencegah kanker payudara. Caranya rebus kulit manggis dengan air sampai mendidih dan tuangkan ke gelas. Tunggu sampai dingin lalu minum.

Saat saya menonton acara di televisi kok pada pakai baju pink semua dan dibaju tersebut terdapat pita pink di dada. Kebanyakan adalah kaum perempuan dan ternyata 13 Oktober ditetapkan sebagai bulan Breast Cancer Awareness atau bulan untuk memperingati kanker payudara di dunia. Maka dari itu ayo perempuan Indonesia perangi kanker payudara,lawan kanker payudara.


 Postingan ini diikutsertakan dalam giveaway #finishthefight #gopink #breastcancerawareness
Pic by Indah Nuria

Komentar

  1. Berkunjuuunggg..

    Tips-tipsnya sungguh bermanfaat.
    Semoga semakin banyak pahamdan sadari sedini mungkin yaaa.

    Salam hangat dari Lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Salam kenal juga. Semoga kita semua selalu senantiasa sehat.

      Hapus
  2. terima kasih sudah turut meramaikan yaaa :)..semoga selalu sehaaat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kakak. Semoga kita semua selalu senantiasa sehat...

      Hapus
  3. Wah makasih kak, jadi tahu nih gejala kanker payudara

    BalasHapus
  4. ya Allah mba.. kadang kita jadi perempuan memang harus waspada banget sama kanker ya.. karena kita termasuk kaum yang riskan terkena penyakit tersebut.

    BalasHapus
  5. Pas mamahku kemarin operasi kanker kulit, ada yang operasi kanker payudara juga, harus jadi survivor dan yakin sembuh insyaAlloh ada kesembuhan total dari Alloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Vit, semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat ya mbak.

      Hapus
  6. Iyya nih, sebagai wanita harus aware banget sama benjolan payudara. Sering2 sadari pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, betul banget. Harus waspada ya pokoknya.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay