Minggu, Oktober 23, 2016

Sedikit Cerita Tentang Kanker Payudara

Kanker Payudara
Pic by Indah Nuria Savitri

Akhir-akhir ini saya sering mendengar banyak orang yang mengucapkan kata "kanker". Entah itu di sekitar rumah saya atau di televisi bahkan sosial media. Kanker itu apa sih? Banyak yang bilang kanker itu adalah sel ganas yang menyerang tubuh manusia. Kalau begitu kanker payudara adalah sel ganas yang menyerang payudara begitu pikir saya.

Dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, saya melihat tante saya sedang melepas branya ketika hendak tidur. Saya penasaran, kenapa ya kok dilepas branya? Lalu saya bertanya pada tanteku tersebut kenapa branya harus dilepas ketika hendak tidur.

Tante saya mengatakan agar payudaranya bisa bernafas dan istirahat. Lalu saya berfikir lagi. Loh, kok payudara bernafas? Lalu saya tanya lagi sama si tante. Ternyata maksud si tante adalah supaya payudara bisa leluasa dan nyaman. Sejak saat itu saya sering melepas bra ketika hendak tidur. Kadang saya malah sering lupa untuk melepas bra.

Waktu saya masih duduk di bangku SMK. Teman saya sakit karena dia merasakan sakit saat jam istirahat maka segeralah teman saya ijin untuk periksa ke puskesmas. Setelah pulang periksa dari puskesmas teman saya menangis dengan kencangnya.

Ternyata teman saya terkena kanker payudara. Ada benjolan-benjolan di payudaranya. Saya kaget dan ikut mengeluarkan air mata. Teman-teman perempuan satu kelas pun turut bersedih. Tapi saya dan teman-teman memberi semangat kepada teman saya tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara.

Wali kelas kami pun memberi semangat kepada teman saya tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara. Wali kelas pun mencarikan daun sirsak untuk digunakan sebagai obat alami untuk penderita kanker payudara.

Daun sirsak dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker. Kebetulan sekali di taman sekolah kami ada pohon sirsak. Caranya adalah rebus daun sirsak dan air sampai mendidih lalu tuang ke dalam gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan daun sirsak tersebut.

Teman saya tersebut rutin meminum air rebusan daun sirsak tersebut dan benjolannya kempes atau mengecil. Setelah lulus dan sibuk dengan urusannya masing-masing kami tak pernah bertemu. Karena saya kangen lalu saya mengririm sms ke teman saya tersebut dan saya menanyakan kabarnya. Ternyata teman saya tersebut baru saja menjalani operasi pada kanker payudaranya. Cepat sembuh ya teman.

Sejak saat itu saya jadi rutin memeriksa payudara sendiri untuk memastikan ada benjolan atau tidak. Kemudian saat saya menonton acara di televisi kok pada pakai baju pink semua dan dibaju tersebut terdapat pita pink di dada. Kebanyakan adalah kaum perempuan dan ternyata 13 Oktober ditetapkan sebagai bulan Breast Cancer Awareness atau bulan untuk memperingati kanker payudara di dunia. Maka dari itu ayo perempuan Indonesia perangi kanker payudara, lawan kanker payudara.

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway #finishthefight #gopink #breastcancerawareness

21 komentar:

  1. ya Allah mba.. kadang kita jadi perempuan memang harus waspada banget sama kanker ya.. karena kita termasuk kaum yang riskan terkena penyakit tersebut.

    BalasHapus
  2. Pas mamahku kemarin operasi kanker kulit, ada yang operasi kanker payudara juga, harus jadi survivor dan yakin sembuh insyaAlloh ada kesembuhan total dari Alloh

    BalasHapus
  3. Iyya nih, sebagai wanita harus aware banget sama benjolan payudara. Sering2 sadari pokoknya

    BalasHapus
  4. Kita harus bisa melakukan pemeriksaan SEDARI dan SEDANIS, untuk diri kita sendiri, agar bisa mendeteksi secara dini kanker payudara.

    BalasHapus
  5. Sekarang aku kalo tidur juga melepas bra. Oh, ya ada juga tanaman herbal yang bisa menjadi obat kanker yaitu benalu teh. Semoga kita selalu sehat ya mbak dan terhindar dari segala macam penyakit

    BalasHapus
  6. Serem deh denger kata kanker.
    Btw Manggis emang terkenal banget khasiatnya.
    Ga cuman buahnya, bahkan kulitnya juga manfaat banget.

    BalasHapus
  7. Aku kok ngeri ya baca ini Mbak. Soalnya aku belum juga punya dana buat pemeriksaan. Gejala pertama beberapa kali aku pernah rasain

    BalasHapus
  8. Perempuan memang wajib waspada dengan penyakit ini. Apalagi hampir semua yang terkena kanker payudara adalah perempuan. Laki-laki juga bisa, tetapi kecil banget persentasenya

    BalasHapus
  9. Mesti peduli dan waspada memang dengan kanker payudara. Apalagi kakakku sudah ada benkolan di payudara.
    Teroma kasih sharingnya Mbak Farida

    BalasHapus
  10. Nah, baru aja di bulan kemarin kelompok PKK di Kelurahanku bikin acara sosialisasi tentang penyakit yang satu ini. Di sana gak cuma bahas kanker payudara sih, tapi lebih ke beberapa jenis yang bisa menyerang wanita. Karena emang yang jadi peserta semuanya ibu2

    BalasHapus
  11. Tirut sedih ya mba utk teman nya. Saya juga punya teman yg terkena Kanker Payudara.. dia sdh dioperasi tp masih perlu kemoterapi. Sedih banget deh. Insha Allah kita selalu diberikan kesehatan sellau ya mba

    BalasHapus
  12. Makasih sharingnya mbak...jujur saya takut mengenai ini...karena para wanita yg lebih besar presentase terkena kanker ini...semoga kita semua selalu diberikan kesehatan

    BalasHapus
  13. Edukasi ini memang harus sering dilakukan yah Moms, agar semakin banyak orang yang tahu dan paham untuk lebih care lagi

    BalasHapus
  14. Kanker payudara ini emang ngeri ya. Mana kadang dia baru ketahuan pas sudah stadium tinggi. Penting banget bagi para wanita untuk melakukan cek dan tanda-tanda kanker payudara ini

    BalasHapus
  15. Memang ya mba daripada mengobati lebih baik mencegah. Makanya penting banget awareness dan edukasi tentang kanker payudara sedari dini. Almarhum mamaku meninggal karena kanker tapi bukan kanker payudara. Semoga kita semua dilindungi dan sehat sehat selalu ya mbak. Amin

    BalasHapus
  16. Semoga cepat sehat temannya, mbak :) Agak deg degan ya soal kanker payudara ini. Bisa menyerang siapun ternyata.

    BalasHapus
  17. SMK udah terkena kanker ya mbak? Skrng penyakit degeneratif itu makin ngeri ya, menyerang yg muda2.
    Buat perempuan emang sebaiknya sering lakukan cek supaya jauh2 dr penyakit demikian TFS

    BalasHapus
  18. Aku kalo dengar tentang kanker payudara dan melihat penderitanya sungguh manusia yang luar biasa kuatya.

    BalasHapus
  19. baca cerita ini aq jadi ingat beberapa bulan lalu, aq makan di warung mie ayam favorit dekat rumah, biasanya selesai makan disana aq sering ngobrol dengan istri dari mas tukang mie ayam, namun ternyata ia di vonis kanker payudara stadium akhir dan meninggal. nggak pernah terlihat kalau selama ini ia sakit, hal tersebut jadi pengingat untuk diri sendiri untuk selalu mengecek dan menjaga payudara sendiri agar terhindar dari penyakit ini

    BalasHapus
  20. Dulu tanteku meninggal karena kanker payudara, sedih. Sekarang udah makin banyak sosialisasi tentang penyakit ini ya mba, semoga diiringi dengan jumlah penderitanya yg semakin sedikit

    BalasHapus
  21. Penyakit mematikan ini bisa dibilang macem musuh dibalik selimut. Kita gak ngeh kalau ternyata sudah aja jaringan itu di payudara makanya perlu pengecekan dini betul nih mbak

    BalasHapus

Popular Post