Minggu, Oktober 23, 2016

Kanker Payudara
Pic by Indah Nuria
Akhir-akhir ini saya sering mendengar banyak orang yang mengucapkan kata "kanker". Entah itu di sekitar rumah saya atau di televisi bahkan sosial media.

Kanker itu apa sih? Banyak yang bilang kanker itu adalah sel ganas yang menyerang tubuh manusia. Kalau begitu kanker payudara adalah sel ganas yang menyerang payudara begitu pikir saya.

Dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, saya melihat tante saya sedang melepas branya ketika hendak tidur. Saya penasaran, kenapa ya kok dilepas branya?

Lalu saya bertanya pada tante saya tersebut kenapa branya harus dilepas ketika hendak tidur. Tante saya mengatakan agar payudaranya bisa bernafas dan istirahat. Lalu saya berfikir lagi. Loh, kok payudara bernafas?

Lalu saya tanya lagi sama si tante. Ternyata maksud si tante adalah supaya payudara bisa leluasa dan nyaman. Sejak saat itu saya sering melepas bra ketika hendak tidur. Kadang saya malah sering lupa untuk melepas bra.

Waktu saya masih duduk di bangku SMK. Teman saya sakit karena dia merasakan sakit saat jam istirahat maka segeralah teman saya ijin untuk periksa ke puskesmas.

Setelah pulang periksa dari puskesmas, teman saya tersebut menangis dengan kencangnya. Ternyata teman saya terkena kanker payudara.

Ada benjolan kecil di payudaranya. Saya kaget dan ikut mengeluarkan air mata. Teman-teman perempuan satu kelas pun turut bersedih.

Tapi saya dan teman-teman yang lain memberi semangat kepada teman saya tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara.

Wali kelas kami pun memberi semangat kepada teman saya tersebut untuk kuat dan tegar melawan kanker payudara. Wali kelas pun mencarikan daun sirsak untuk digunakan sebagai obat alami untuk penderita kanker payudara.

Daun sirsak dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker. Kebetulan sekali di taman sekolah kami ada pohon sirsak. Caranya adalah rebus daun sirsak dan air sampai mendidih lalu tuang ke dalam gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan daun sirsak tersebut. Teman saya tersebut rutin meminum air rebusan daun sirsak tersebut dan benjolannya mengecil.

Setelah lulus dan sibuk dengan urusannya masing-masing kami tak pernah bertemu. Karena saya kangen lalu saya mengirim sms ke teman saya tersebut dan saya menanyakan kabarnya. Ternyata teman saya tersebut baru saja menjalani operasi pada kanker payudaranya. Cepat sembuh ya teman. Sejak saat itu saya jadi rutin memeriksa payudara sendiri untuk memastikan ada benjolan atau tidak.

Kemudian saat saya menonton acara di televisi kok pada pakai baju pink semua dan dibaju tersebut terdapat pita pink di dada. Kebanyakan adalah kaum perempuan dan ternyata 13 Oktober ditetapkan sebagai bulan Breast Cancer Awareness. Maka dari itu, ayo perempuan Indonesia lawan kanker payudara!

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway #finishthefight #gopink #breastcancerawareness

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates